STRATEGI GURU DALAM MEMBINA AKHLAK SISWA DI SMP NEGERI 2 SIKUR LOMBOK TIMUR
Abstract
Strategi guru dalam pendidikan dan pengajaran tidak hanya tidak hanya ditujuakan pada aspek kognitif saja tetapi juga pada aspek afektif dan psikomotorik anak didik terutama dalam membina akhlak atau budi pekerti yang luhur pada siswa di sekolah maupun dalam lingkungan masyarakat yang lebih luas. Strategi guru dalam membina akhlak siswa, dilakukan secara beragam dan penuh hikmah dan bijaksana di sekolah. Pokok permasalahan yang dikaji dalam tesis ini adalah strategi guru dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 2 Sikur, pembinaan ahlak siswa dan peranan strategi guru dalam membina akhlak siswa. Tujuan penelitian ini yaitu ingin mengetahui strategi guru dalam membina akhlak siswa, pembinaan ahlak siswa dan peran strategi dalam membina akhlak siswa.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan sumber data berupa data primer dan data skunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Analisis data dilakukan secara logis dan sistematis dengan tiga tahap yaitu data reduction (reduksi data), data display, conclusion drawing. keabsahan atau validitas data dilakukan dengan cara ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, tringulasi, kecukupan referensi.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa strategi guru dalam membina akhlak siswa di SMP Negeri 2 Sikur Lombok Timur dilakukan melalui metode keteladanan dengan cara memberikan keteladanan atau contoh yang baik dan mulia kepada siswa atau guru harus bisa digugu dan ditiru. Selain itu juga melalui metode nasehat, melalui metode pembiasaan melalui metode kisah qurani dan nabawi, melalui metode amstal (perumpamaan), melalui metode ceramah dan melaui metode diskusi. Adapun pembinaan akhlak siswa dilakukan dengan cara melakukan pembinaan keagamaan seperti melakukan imtaq dalam bentuk ceramah agama, mengadakan majlis ta’lim ndalam bentuk pengajian dengan mengundang tuan guru dan uztad. Kemudian dengan pemberian hukuman kepada siswa, menanamkan sifat siddiq, amanah, tablig dan fatonah, meningkatkan kerjasama guru dalam membina akhlak siswa, meningkatkan kerjasama antara guru dengan orang tua dan pengembangan kurikulum berbasis nilai-nilai akhlak mulia di sekolah. Sedangkan peran strategi dalam membina akhlak siswa adalah peran strategi sebagai alat motivasi, sebagai alat untuk mencapai tujuan dan sebagai alat bantu dalam membina moral/akhlak siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu Ahmadi, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia, 2005
Afriani Fitri, Strategi Guru Dalam Memotivasi Siswa Meningkatkan Prestasi Belajar, FKIP Universitas Abulyatama Aceh Besar, 2004
Ahmad Mustafa al - Marogi, Tafsir al-Marogi-Volume ke 20, Semarang: PT. Toha Putra, 1992
Amin, Ahmad. Etika (Ilmu Akhlak). Jakarta: PT. Bulan Bintang, 1996
Depag RI, al-Qur’an dan Terjemahan, Jakarta: Indah Perss, 1996
Depdiknas, Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan dan Kebudayaan: Jakarta, 2003.
Derajat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam (IPI). Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2000.
Derajat, Zakiah. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Darajat, Zakiyah, Kepribadian Guru, Jakarta: Bulan Bintang,1997
Djamarah dan Zaen, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006.
Fitri, Afriani. Strategi Guru Dalam Memotivasi Siswa Meningkatkan Prestasi Belajar, FKIP Universitas Abulyatama Aceh Besar, 2004.
Haryono dkk, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Bandung: Pustaka Ilmu, 2006.
Mangun Harjana, Pembinaan Arti, dan Metodenya, Yogjakarta: Kanisius, 1996
Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: Al Maarif,1962.
Moleong. J. Lexy. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2001
Muhammad Quraish Shihab, Tafsir al - Misbah - Volume ke 7, Jakarta: Lentera Hati, 2000
Muktar, Desain Pembelajaran Aqidah akhlak, Jakarta: PT. Misaka Galia Aksara, 2003
Mustafa, Ahmad Al Marogi. Tafsir al - Marogi - Volume ke 20. Semarang : PT. Toha Putra, 1992.
Nawawi, Hadari, dkk, Instrumen Penelitian Sosial, Yogyakarta: UGM Perss, 1991
Nazir, Metode Penelitian, Jakarta: PT. Ghalia Indonesia, 1998
Nur Uhkbiyati, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: PT. Pustaka Setia, 1999
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008
Ramayulis, Metodologi Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2001
Sardiman, dalam http://www.google.co.id/peran tartegi dalam pembinaan moral /akhlak, diakses tanggal 1 September 2013
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2003
Syaiful Bahri Djamarah dan A. Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2006
Uhbiayati, Ilmu Pendidikan Islam, Bandung: PT. Pustaka Setia.1998
Zahruddin dan Hasnanuddin Sinaga, Pengantar Studi Aqidah akhlak, Jakarta: PT. Raja Wali Perss, 2004
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i12.599
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats