STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA JAKARTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA BUDAYA BETAWI (SETU BABAKAN)

Khasyatillah Khasyatillah

Abstract


Jakarta semakin berkembang menjadi kota metropolitan, tidak hanya sebagai Ibu Kota negara. Akan tetapi Jakarta juga berusaha untuk melindungi budaya betawi. Betawi adalah suku asli dari Jakarta yang saat ini mengalami pergeseran menjadi suku minoritas di kotanya sendiri. Melakukan relokasi dan membuat perkampungan budaya betawi menjadi salah satu alasan cara untuk mempertahankan budaya betawi, untuk tetap menjadi ciri khas Jakarta. Pemerintah melalui Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Jakarta melakukan strategi untuk menjadikan wisata budaya yang berada di Setu Babakan. Strategi pemasaran dianggap menjadi sangat penting untuk dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Setu Babakan. Sehingga pemerintah melakukan renovasi atau perbaikan untuk menunjang Setu Babakan sebagai cagar budaya betawi yang kemudian dikembangkan menjadi wisata budaya betawi di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jakarta dalam meningkatkan jumlah kunjungan ke Setu Babakan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif. Objek penelitian ini dilakukan di  Setu Babakan


Keywords


Setu Babakan, Budaya Betawi, Kampung Budaya Meningkatkan Jumlah Kunjungan Wisata

Full Text:

PDF

References


A.M, Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasara Terpadu, Jakarta: Penerbit Kencana

Bacherel, Dan Vellas. 2008. Pemasaran Pariwisata International. Vet 1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Bungin, Burhan. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Depok: Rajagrafindo

Cox, B. G., & Koelter W. 2004. Internet Marketing. Pearson Education

Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. 2013. Rencana Strategi Dina’s Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2013-2017. Jakarta: Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta

Kertajaya, Hermawan. 2006. Seru 9 Hermawan Kartajaya on Marketing Mix. Jakarta: Pat. Gramediaka Pustaka Umum

Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks

Meleong, Lexy, J. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Publisher, Redaksi Great. 2009. Buku Pintar Politik, Sejarah, Pemerintahan Dan Ketatanegaraan. Yogyakarta: Jogja Great Publisher

Santana, Septiawan. 2007. Menulis Ilmiah: Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Suhanda, Kustadi. 2012. PERIKLANAN: Manajemen, Kiat Dan Strategi. Bandung: Nuansa

Surakhmad, Winarno. 1982. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, Teknik. Bandung: Transito

Zeppel, H., 2002. Cultural Tourism At The Cowichab Native Village, British Columbia Journal Of Travel Research 41 (1): 92-100




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i11.611

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats