STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA JAKARTA DALAM UPAYA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA BUDAYA BETAWI (SETU BABAKAN)
Abstract
Jakarta semakin berkembang menjadi kota metropolitan, tidak hanya sebagai Ibu Kota negara. Akan tetapi Jakarta juga berusaha untuk melindungi budaya betawi. Betawi adalah suku asli dari Jakarta yang saat ini mengalami pergeseran menjadi suku minoritas di kotanya sendiri. Melakukan relokasi dan membuat perkampungan budaya betawi menjadi salah satu alasan cara untuk mempertahankan budaya betawi, untuk tetap menjadi ciri khas Jakarta. Pemerintah melalui Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Jakarta melakukan strategi untuk menjadikan wisata budaya yang berada di Setu Babakan. Strategi pemasaran dianggap menjadi sangat penting untuk dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisata di Setu Babakan. Sehingga pemerintah melakukan renovasi atau perbaikan untuk menunjang Setu Babakan sebagai cagar budaya betawi yang kemudian dikembangkan menjadi wisata budaya betawi di Srengseng Sawah, Jakarta Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa strategi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jakarta dalam meningkatkan jumlah kunjungan ke Setu Babakan. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif. Objek penelitian ini dilakukan di Setu Babakan
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.M, Morissan. 2010. Periklanan Komunikasi Pemasara Terpadu, Jakarta: Penerbit Kencana
Bacherel, Dan Vellas. 2008. Pemasaran Pariwisata International. Vet 1. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Bungin, Burhan. 2015. Metode Penelitian Kualitatif. Depok: Rajagrafindo
Cox, B. G., & Koelter W. 2004. Internet Marketing. Pearson Education
Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta. 2013. Rencana Strategi Dina’s Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Tahun 2013-2017. Jakarta: Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta
Kertajaya, Hermawan. 2006. Seru 9 Hermawan Kartajaya on Marketing Mix. Jakarta: Pat. Gramediaka Pustaka Umum
Kotler, Philip. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks
Meleong, Lexy, J. 1990. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Publisher, Redaksi Great. 2009. Buku Pintar Politik, Sejarah, Pemerintahan Dan Ketatanegaraan. Yogyakarta: Jogja Great Publisher
Santana, Septiawan. 2007. Menulis Ilmiah: Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Suhanda, Kustadi. 2012. PERIKLANAN: Manajemen, Kiat Dan Strategi. Bandung: Nuansa
Surakhmad, Winarno. 1982. Pengantar Penelitian Ilmiah, Dasar, Metode, Teknik. Bandung: Transito
Zeppel, H., 2002. Cultural Tourism At The Cowichab Native Village, British Columbia Journal Of Travel Research 41 (1): 92-100
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i11.611
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats