EFEKTIFITAS DIGITAL PRINTING (PENCETAKAN DIGITAL) DALAM MENGHASILKAN PRODUK CETAK DAN PENGARUHNYA TERHADAP KONSUMEN.

Komda Saharja, Siti Aisyah

Abstract


Digital printing merupakan proses cetak yang sangat sederhana tetapi menghasilkan produk yang cukup memuaskan untuk sebagian orang. Digital printing adalah teknologi cetak yang lahir dari perubahan zaman pada masa kini. Abad ke-20 adalah era teknologi informasi dimana semua informasi bergerak dengan mudah dan cepat, termasuk media yang digunakan memiliki kecanggihan tersendiri. Teknologi cetak sebagai media yang digunakan untuk menyampaikan informasi juga dapat menyesuaikan dengan kondisi tersebut. Beberapa produk yang dihasilkan dari proses cetak digital printing sangat dibutuhkan oleh konsumen. Produk-produk digital printing pada umumnya berupa media informasi, seperti : brosur, leaflet, poster, spandung, bilboard, dan buku-buku berhalaman sedikit. Masih banyak produk yang dapat dihasilkan dari proses cetak digital printing. Terlepas dari semua produk yang dihasilkan dari proses cetak digital printing, bagaimana konsumen menyukai produk tersebut dilihat dari sisi efektifitas digital printing menghasilkan produk cetaknya dan pada akhirnya konsumen selalu memilih digital printing sebagai pilihan utama dalam memproduksi produk yang diinginkan. Efektifitas berhubungan erat dengan kuantitas, kualitas, dan waktu. Sejauh mana efektifitas digital printing dalam menghasilkan produk cetak sehingga konsumen sebagai pengguna produk cetak dapat menentukan pilihannya untuk memproses ordernya menjadi sebuah produk yang berkualitas dan tidak memerlukan waktu proses kerja yang cukup panjang. Sehingga pada akhirnya konsumen dapat menggunakan hasil pesanannya secepat mungkin.


Keywords


Digital Printing, Produk Cetak, Efektifitas & Konsumen.

Full Text:

PDF

References


Arikunto. S. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta

Dameria, Anne. 2009. DIGITAL PRINTING Handbook. Jakarta. Link and Match Graphic.

Dameria, Anne. 2003. Digital Workflow Dalam Industri Grafika. Jakarta. Link and Match Graphic.

Hidayat. 1986. Teori Efektifitas Dalam Kinerja Karyawan. Gajah Mada University Press. Yogyakarta

Ginting, Rosnani. 2012. Sistem Produksi. Graha Ilmu.Yogyakarta

Kotler, Philip. 2000. Pinsip-prinsip Pemasaran (Principle of Marketing). Jakarta. Penerbit Erlangga.

Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik. Yogyakarta. Pembaharuan.

Sugiono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung. AlfaBeta.

Sugiono. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung. AlfaBeta.

Suryabrata, S. 2005. Metodologi Penelitian. Jakarta. PT. RajaGrafindo Persada.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i11.617

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats