STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS JAWA BARAT PADA MASA PANDEMI COVID19

Evi Novianti, Aat Ruchiat Nugraha, Diah Fatma Sjoraid

Abstract


Pandemi Covid-19 yang telah memasuki Indonesia menciptakan keadaan krisis. Berbagai tindakan telah dilakukan Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menanggulangi Covid-19, salah satunya yaitu komunikasi publik. Peran Humas Jawa Barat yaitu sebagai jembatan antara pemerintah dan masyarakat dalam menyampaikan informasi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi Humas Jawa Barat pada masa Covid-19. Selain itu diidentifikasi juga peran Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat dalam menciptakan citra pemerintahan Provinsi Jawa Barat melalui aktivitas humas. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data sekunder didapatkan melalui desk studi pada penelitian terdahulu, dokumen kebijakan, situs web, dan media sosial. Sementara data primer dilakukan melalui wawancara dengan petugas Humas Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis isi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan Humas Jabar yaitu fokus pada konten dan media distribusinya. Selain itu, peran Ridwan Kamil sebagai Gubernur sangat penting dalam membantu penyampaian informasi sehingga dapat membantu menciptakan persepsi dan citra positif Provinsi Jawa Barat.


Keywords


Covid-19, Humas, Jawa Barat & Komunikasi Publik

Full Text:

PDF

References


W. R. Jati, “Inovasi Pelayanan Publik Setengah Hati: Studi Pelayanan Publik di SAMSAT Kota Yogyakarta,” JSP J. Ilmu Sos. dan Ilmu Polit., vol. 15, no. 1, pp. 68–78, 2011.

D. Prasanti, “Perubahan Media Komunikasi Dalam Pola Komunikasi Keluarga Di Era Digital,” J. Commed, vol. 1, no. 1, pp. 2527–8673, 2016.

A. R. Nugraha, E. Novianti, L. Komala, S. Lukman, and D. F. Sjoraida, “Pelatihan Media Online Dalam Upaya Meningkatkan Melek Informasi Kalangan Milineal pada Program Pembangunan di Desa Purbahayu,” JPM (Jurnal Pemberdaya. Masyarakat), vol. 4, no. 2, pp. 314–321, 2019.

Global Web Index, “GlobalWebIndex’s flagship report on the latest trends in social media 2019,” 2019.

R. Kamil, “Innovation and Experience of West Java Deal with Covid-19,” Bandung, 2020.

C. H, Pengantar Ilmu Komunikasi. Hambatan dalam Komunikasi. PT. Rajagrafindo Persada, 2002.

A. R. Qisthi, N. Azizah, and U. H. Amini, “MEDIA DARING CABACA DAN HISTORIA . ID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN LITERASI INDONESIA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4 . 0,” pp. 96–103.

E. M. Rogers, Diffusion of {Innovation}. New York: The Free Press – A Division of Macmillan Publihsing Co., Inc., 1983.

H. S, Culture, technology, communication: Towards an intercultural global village. Suny Press, 2001.

N. A, Communication Technology. Yogyakarta. Graha Ilmu, 2010.

N. Pandrianto and G. G. Sukendro, “Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement,” J. Komun., vol. 10, no. 2, p. 167, 2018.

R. Nasrullah, Khalayak Media Identitas, Ideologi Dan Perilaku Pada Era Digital. Bandung: PT Simbiosa Rekatama Media, 2018.

R. Jesita, J. M. Wuysang, and A. N. A. Hanum, “(2019). PERSEPSI WARGANET KOTA PONTIANAK ATAS AKUN INSTAGRAM JURNALISME WARGA,” Komunika J. Ilmu Komun., vol. 1, no. 13, 2019.

E. A. Sosiawan, “Penggunaan situs jejaring sosial sebagai media interaksi dan komunikasi di kalangan mahasiswa,” J. Ilmu Komun., vol. 9, no. 1, pp. 60–75, 2020.

A. F. Bakti and V. E. Meidasari, “Trendsetter komunikasi di era digital: tantangan dan peluang pendidikan komunikasi dan penyiaran Islam. Jurnal Komunikasi Islam,” J. Komun. Islam, vol. 4, no. 1, 2014.

N. Kholisoh, “Strategi Komunikasi Public Relations dan Citra Positif Organisasi (Kasus Public Relations Rumah Sakit ‘X’ di Jakarta),” J. Ilmu Komun., vol. 13, no. 3, pp. 195–209, 2015.

H. Munandar and M. Suherman, “Aktivitas Komunikasi Pemerintahan Ridwan Kamil di Media sosial,” Hub. Masy., vol. 2, no. 1, pp. 423–430, 2016.

E. Novianti and S. R. P. Wulung, “Implementasi Komunikasi Daring dalam Menunjang Jawa Barat sebagai Destinasi Pariwisata Cerdas,” J. Komun., vol. 12, no. 1, pp. 53–63, 2020.

B. L. Wiratmo, N. Irfan, and Kuwatono, “Website Pemerintah Daerah Sebagai Sarana Online Public Relations,” J. ASPIKOM, vol. 3, no. 2, pp. 326–339, 2017.

D. M. Putri, “peran Media Online dalam Pembangunan Provinsi Banten,” J. Commun. Spectr. Capturing New Perspect. Commun., vol. 3, no. 1, pp. 31–46, 2014.

Humas Jabar, “Strategi Komunikasi GT Covid-19 Prov Jawa Barat,” Bandung, 2020.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i3.735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats