PENGARUH KOMPETENSI DAN INDEPENDENSI AUDITOR TERHADAP KUALITAS AUDIT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP) DI JAKARTA TIMUR

Budiandru Budiandru, Sarah Qonita, Safuan Safuan

Abstract


Penelitian ini betujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan independensi auditor terhadap kualitas audit baik secara parsial maupun secara simultan pada Kantor Akuntan Publik (KAP) di Jakarta Timutr. Variabel yang diteliti adalah Kompetensi sebagai variabel bebas (X1), Independensi Auditor sebagai variabel bebas (X2), dan Kualitas Audit sebagai variabel terikat (Y).. Metode penelitian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanasi, yaitu suatu metode penelitian yang menggambarkan dua variabel yang diteliti, yaitu variabel dependen dan variabel independen yang kemudian menjelaskan hubungan atau pengaruh kedua variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah Kantor Akuntan Publik (KAP) di Jakrta Timur yang terdaftar di Kementrian Keuangan Republik Indonesia tahun 2019 yang terdiri dari 40 Kantor Akuntan Publik (KAP). Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan judgement sampling dengan sampel 50 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel kompetensi memiliki pengaruh positif terhadap kualitas audit, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikasi sebesar 0,000 < 0,05 dan 1 sebesar 4,768 > 2.011. sedangkan variabel independensi auditor berpengaruh positif terhadap kualitas audit, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikan sebesar 0,0006 < 0,05 dan nilai sebesar 2,909  > 2.011. Adapun secara simultan menuunjukkan bahwa variabel ompetensi dan independensi auditor berpengaruh positif terhadap kualitas audit, hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 , dan nilai sebesar 14,240 > 3,20. Sedangkan pada nilai Adjusted R Square sebesar 0,551 yang artinya 55,1% variabel kualitas audit dapat dijelaskan oleh variabel kompetensi (X1) dan independensi auditor (X2). Sedangkan sisanya sebesar 44,9% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Dari hasil penelitian ini peneliti memberikan beberapa saran bagi penelitian selanjutnya yaitu dapat memperluas sampel penelitian tidak hanya di Jakarta Timur saja dan hendaknya dapat mempertimbangkan untuk menambah faktor lain yang dapat mempengaruhi kualitas audit, sehingga memungkinkan memberikan hasil penelitian yang berbeda. Kemudian dapat menambah variabel independen yang dapat mempengaruhi kualitas audit, adapun variabel yang disarankan penulis yaitu pengalam kerja, objektivitas, dan etika auditor

Keywords


Kompetensi, Independensi & Kualitas Audit

Full Text:

PDF

References


Abdul, H., Sutrisno, T., Rosidi., & M. Achsin. (2014). Effect Of Competence and Auditor Independence On Audit Quality With Audit Time Budget and Professional Commitment as a Moderation Variabel. Journal of Business and Management Invention, 3(6), pp 64-74.

Abdul, H. (2015). Auditing I (Dasar-dasar Audit Laporan Keuangan). Yogyakarta: UPP STIM YKPN.

Agoes, Sukrisno. (2013). Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan Oleh Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Agoes, Sukrisno. (2016). Auditing Petunjuk Praktis Pemeriksaan Akuntan Oleh Kantor Akuntan Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Arens, Alvin A., Randal, J. A., Mark, S. B., dan Amir, A. B. (2013). Jasa Audit dan Assurance Pendekatan Terpadu (Adaptasi Indonesia). Jakarta: Salemba Empat.

Arens, Alvin A., Randal, J. A., Mark, S. B., dan Amir, A. B. (2012). Jasa Audit dan Assurance Pendektan Terpadu (Adaptasi Indonesia). Jakarta: Salemba Empat.

Danang, S. (2014). Auditing Pemeriksaan Akuntansi. Jakarta: PT Buku Seru.

Desi Wahyu. L. (2017). Pengaruh Fee Audit, Independensi, Kompetensi, Etika Auditor dan Tekanan Anggaran Terhadap Kualitas Audit. Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Surakarta.

Ditia Ayu, K., & Chariri, A. (2015). Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Kualitas Audit dengan Motivasi dan Etika Auditor Sebagai Variabel Moderasi. Diponegoro Journal Of Economics, 4(2), pp 1-9.

Duwi, P. (2013). Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate dengan SPSS. Yogyakarta: Gava Media.

Evi, O., & Nor Rasyid. W. (2015). The Effect Of Competence and Independence Of Auditors On The Audit Quality. Journal of Finance and Accounting, 6(3), pp 1-6.

Fietoria, Elisabeth. S. (2016). Pengaruh Profesionalisme, Independensi, Kompetensi, dan Pengalaman Kerja Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Akuntansi dan Bisnis, 1(1), pp 1-17.

Fitrawansyah. (2014). Fraud & Auditing. Jakarta: Mitra Wacana Media. Gondodiyoto, S. (2015). Audit Sistem Informasi Pendekatan CobIT. Jakarta: Mitra Wacana Media.

I Gusti Agung Rai. (2012). Audit Kinerja Pada Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Ikatan Akuntan Indonesia. (2012). Standar Akuntansi Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.

Mulyadi. (2014). Auditing. Jakarta: Salemba Empat. Mulyadi. (2017). Auditing. Jakarta: Salemba Empat.

Oktaviana, D. C., & Kurnia. (2017). Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 6 (9), pp 1-19.

Rambat, L., dan Ridho. B. I. (2015). Praktikum Metode Riset Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Silvia Chrystiana, S. (2015). Pengaruh Pengalaman Kerja, Independensi, Objektivitas, Integritas, Kompetensi, dan Etika Auditor Terhadap Kualitas Audit. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(1), pp 1-16.

Singgih, S. (2012). Analisis SPSS pada Statistik Parametrik. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i5.765

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats