PENGUKURAN KENAKALAN REMAJA PADA SISWA MENENGAH DI KABUPATEN BANGKA BARAT
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal. (2016). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Asih, M. K., Winarno, R. D., & Hastuti, L. W. (2012). Hubungan Konformitas Teman Sebaya dan Keharmonisan Keluarga dengan Kenakalan Remaja pada Anak Didik Lembaga Pemasyarakatan Anak Kutoarjo. Prediksi, 1(2), 189. Retrieved from http://journal.unika.ac.id/index.php/pre/article/view/270
Asyraf Suryadin. (2008). Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Guru (Disertasi). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Asyraf Suryadin dkk. (2020). Pola Pendidikan Karakter dalam Mengatasi Kenakalan Remaja di Kabupaten Bangka Barat. Jurnal Penelitian Kebijakan Pendidikan, Volume 13, Nomor 1/2020. http://jurnalpuslitjakdikbud.kemdikbud.go.id/index.php/litjak/issue/current
Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (2019). Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Dalam Angka 2019. Pangkalpinang: BPS Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
Bazon, M. R., & Estevão, R. (2012). Juvenile Criminal Behavior and Peers’ influences: a Comparative Study in the Brazilian Context. Universitas Psychologica, 11(4), 1157–1166. Retrieved from http://www.scielo.org.co/scielo.php?script=sci_arttext&pid =s1657-92672012000400011
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Gronlund, Norman. (1985) Measurement and Evaluation in Teaching. New York: Macmillan Publishing Campany.
Iqbal, M. (2014). Penanggulangan Perilaku Menyimpang (Studi Kasus SMA Negeri 1 Pomala Kab. Kolaka Sulawesi Tenggara). Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 17(2), 229–242. https://doi.org/10.24252/ lp.2014v17n2a6
Jamaludin, A. N. (2015). Sosiologi Perkotaan. Bandung: Pustaka Setia.
Karlina, Lilis. (2020). Fenomena Terjadinya Kenakalan Remaja. Jurnal Edukasi Nonformal, Vol 1, No. 2. 147-158. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/editorial
Kartono, K. (2017). Kenakalan Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Khairani. (2013). Psikologi Umum. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Mawarni, Euis. (2019) Hubungan Antara Iklim Sekolah dengan Perilaku Membolos Remaja di Samarinda. Jurnal Psikoborneo. 7 (1). 47-57. http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/
Nawafilati, T. (2015). Persepsi Terhadap Keharmonisan Keluarga, Self Disclosure, dan Delinkuensi Remaja. Jurnal Psikologi Persona, 2 (4), 175-182.
Palupi, Atika Oktaviani, Edy Purwanto, Dyah Indah Noviyani. 2013. Pengaruh Religiusitas Terhadap Kenakalan Remaja. Educational Psychology Journal 2 (1). 7-12. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/epj.
Prihardani, I. (2012). Hubungan Antara Konformitas Geng dengan Kenakalan Remaja. Retrieved from http://eprints.ums.ac.id/20365
Putri, Raihan. 2018. Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolah Perspektif Kemendiknas. Gender Equality: Internasional Journal of Child and Gender Studies. Vol. 4, No. 1, Maret 2018. 39-54.
Purnamasari, L. (2018). Akar Sebab Siklus Penyimpangan pada Remaja: Penelitian Tentang Penyalahgunaan Minuman Beralkohol di Kalangan Remaja di Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung). Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/13773
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sriyanto dkk (2014) Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa, Jurnal Psikologi, Volume 41, No. 1, Juni , 74-88.
Sudarsono. (2012). Kenakalan Remaja. Jakarta: Rineka Cipta.
Sumara, D., Humaedi, S., & Santoso, M. B. (2017). Kenakalan Remaja dan Penanganannya. Prosiding Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2). https://doi.org/10.24198/jppm.v4i2.14393
Syamsu, Y. L., & Sugandhi, N. M. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rajawali Pers.
Syifaunnufush, Amelia Dwi dan R.Rachmy Diana. 2017. Kencenderungan Kenakalan Remaja Ditinjau dari Kekuatan Karakter dan Persepsi Komunikasi Empatik Orangtua. Jurnal Psikologi Integratif, Vol. 5, Nomor 1, 47-68.
Uno, Hamzah B. dan Satria Koni (2013). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Walgito, B. (2010). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset.
Widodo, Ganjar Setyo dkk (2016) Persepsi Guru tentang Kenakalan Siswa: Studi Kasus di Sekolah Dasar “Raja Agung.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, Volume 23, Nomor 2 Oktober, 142-153.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i4.863
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats