ANALISIS PENGARUH PENYIAPAN TENAGA TATA HIDANG PARIWISATA TERHADAP KUALITAS PELAYANAN RESTAURANT HOTEL DI KOTA MATARAM
Abstract
Tata hidang adalah suatu cara menghidangkan makanan ataupun minuman kepada tamu. Permasalahan yang muncul dari observasi awal yang dilakukan adalah bahwa mahasiswa yang melakukan OJT (On The Job Training) pengetahuan tentang tentang peralatan makanan mahasiswa masih tergolong rendah, table setting masih sering lupa dan beberapa hal lain dalam proses tata hidang, misalnya mahasiswa yang belum mampu menguasasi materi pengetahuan peralatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh penyiapan tenaga tata hidang mahsiswa D3 Perhotelan Sekolah Tinggi Pariwisata Mataram terhadap kualitas pelayanan di Hotel yang ada di Kota Mataram dengan studi kasus mahasiswa D3 Perhotelan yang sedang melakukan OJT. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan observasi, waswancara dan dokumentasi, dengan TKT yang diharapkan pada level 3. Analisis dari hasil pengumpulan data tersebut menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah mengenai hambatan kualitas pelayanan menunjukkan bahwa kerjasama, kualitas pelayanan, sikap dan perilaku, dan kondisi peralatan menunjukkan hasil cukup, kemudian untuk hasil tingkat komunikasi dan cara menyelesaikan complaint menunjukkan yang cukup baik. Dari sehingga, penulis dapat menyimpulkan bahwa kualitas pelayanan di Restoran di kota mataram terhadap mahasiswa yang sedang OJT, dilihat dari dua sisi konsumen dan staff, dapat dikatakan baik. Oleh karena itu, namun ada beberapa hal perlu dilakukan untuk memperbaiki kualitas pelayanan tersebut. Hasil penelitian ini terpublikasi pada jurnal nasional terakreditasi SINTA 4 Media Bina Ilmiah dan memperoleh Hak Cipta yang terdaftar di www.dgip.go.id
Keywords
Full Text:
PDFReferences
https://nasional.republika.co.id/berita/pqwqwp368/-kunjungan-wisata-ke-lombok diakses tanggal 2 Agustus 2019.
Adi, Made Mertha Prabawa. 2012. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Sikap Wajib Pajak terhadap Kepatuhan Pelaporan Wajib Pajak Orang Pribadi Di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Badung Utara. Media Bina Ilmiah. Vol.6, No.2:51-55. ISSN No. 1978-3787.
Wiwoho, Arjuno 2015. Pengetahuan Tata Hidang. Jakarta : Esensi Erlangga Group.
Mertayasa, I.G.A . 2012. Food & Beverage Service Operational Job Preparation. Diterbitkan atas kerjasama penerbit Andi, dan Universitas Dhyana Pura (Undhira) Bali.
Cooper and Schindler. 2011. Business research methods. 11 th edition. New York: McGraw Hill Companies
Khusna, Yuna Tamami. 2013. Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada Kantor Badan Pelayanan Perijinan Terpadu (BP2T) Kota Malang. Journal Riset Mahasiswa Manajemen (JRMM), Volume: 01, Nomor: 02 Oktober 2013, Hal: 187-202.
Redjasa, I.K. 2014. Peranan tata hidangan dalam menumbuhkembangkan industri Pariwisata di era globalisasi. Jurnal Sosial dan Humaniora. Vol 4 No.1 Maret 2014. Hal 66.
Bagyono. 2012. Pariwisata dan Perhotelan. Bandung : Alfabeta
Sihite, Richard. 2015. Tourism Industry (Kepariwisataan), Surabaya: SIC.
Triwibowo. 2013. Manajemen Pelayanan Keperawatan Di Rumah Sakit. Jakarta: TIM 1 september 2013 Bjork, P. (2010). Sustainable Tourism Development, fact or Fiction in Small Tourism
Campanies.http //Ita.hse.fi/2001/3/Ita 2001 03 S2 pdf (diakses 2 September 2018) Blackwell, J. (1988). The Tourism & Hospitality Industry, Australia : International Magazine Services.
Erawan.I.N. (2018).Managemen Pembangunan pariwisata Berkelanjutan, Program Magister Kajian pariwisata (hand.out). Universitas Udayana : Denpasar.
Graham Brown, Karon Hepner, (1996). The Waiter’s Hand Book. Victoria. Australia. George Ellis, (1997). Bar Attendant’s Hand Book, Victoria. Australia. Kusmayadi Sugiarto, Endar (2000), Metodologi Dalam Bidang Kepariwisataan, Jakarta : PT.
Gramedia Pustaka Utama. Leiper, Neil, (2014), Tourism Management, Australia National Library of Australia
Cataloging In Publication Data. Mubyarto, (2003), Ekonomi Kerakyatan Dalam Era Globalisasi (Makalah) :
http//www.google.com/url (diakses 30 Agustus 2017). Peter Jones and Paul Merricks. (1999). The Management of Food Service Operation. Cassel
Willington House. London. Pitana, I.G. dan Gayatri, PG (2005), Sosiologi Pariwisata.Yogyakarta : Andi. Puja Astawa, dkk (2005), Pariwisata Terpadu Alternative Model Pengembangan Pariwisata
Bali Tengah, Denpasar : Universitas Udayana. Rymbertus A Amakora Andrikus. (2009). Pelaksanaan Standar Operation Prosedure di
Departemen F & B. PT. Gramedia. Jakarta. Scheyvens, Regina, (2014), Tourism For Development Empowering Communities, Harlow,
England, Person Education. Suryawan, AA. (2008), Managemen Pembangunan Pariwisata Berkelanjutan, Program
Magister Kajian Pariwisata (hand-out), Universitas Udayana Denpasar. Wahab, Saleh and John J. Piagram, (2007), Tourism Development and Growth (The
Challenge of Sustainability). New York : Broutledge. Yoeti, Oka A, (2010), Pemasaran Pariwisata, Edisi Revisi, Bandung : Angkasa.
Redjasa, I.K. 2014. Peranan tata hidangan dalam menumbuhkembangkan industri Pariwisata di era globalisasi. Jurnal Sosial dan Humaniora Vol 4 No.1 Maret 2014. Hal 66-76
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i6.894
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats