PENGARUH INDEPENDENSI, INTEGRITAS, KOMPETENSI DAN PENGALAMAN KERJA MEMPENGARUHI KUALITAS HASIL AUDIT

I Wayan Nuada, Syarifah Massuki Fitri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh independensi, integritas, kompetensi dan pengalaman kerja terhadap kualitas hasil audit. Penelitian dilakukan di kantor inspektorat Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil dari pengujian hipotesis di dalam penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial independensi, integritas, kompetensi dan pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas hasil audit. Secara simultan, independensi, integritas, kompetensi dan pengalaman kerja berpengaruh berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas hasil audit.


Keywords


Independensi, Integritas, Kompetensi, Pengalaman Kerja & Kualitas Hasil Audit

Full Text:

PDF

References


Alim, M. dkk. 2007. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Terhadap Audit dengan Etika Auditor sebagai Variabel Moderasi. Simposium Nasional Akuntansi X . Makasar.

Anshori, dkk. 2009. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Bahan Ajar. Surabaya: Fakultas Ekonomi, Universitas Airlangga.

Ghazali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Edisi IV.Semarang: Badan Penerbit Undip.

Gujarati, D. 2003. Basic Econometric. Zain, Sumarno (Penerjemah). Ekonometrika Dasar. Jakarta:Erlangga.

Kisnawati, Baiq. 2012. Pengaruh Kompetensi, Independensi dan Etika Auditor terhadap Kualitas Audit. Jurnal Bisnis dan Kewirausahaan Vol.8 No. 3 November 2012:158-168.

Mabruri dan Winarna. 2010. Analisis Faktor-faktor yang mempengaruhi Kualitas Hasil Audit di Lingkungan Pemerintah Daerah. Simposium Nasional Akuntansi XIII. Purwokerto.

Marganingsih, Arywarti dan Dewi Martini (2009). Analisis Variabel Anteseden Perilaku Auditor Internal dan Konsekuensinya Terhadap Kinerja: Studi Empiris pada Auditor di Lingkungan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah – Lembaga Pemerintah Non Departemen. Simposium Nasional Akuntansi XII. Palembang.

Mulyono, Agus, 2009. Analisis Faktor-faktor Kompetensi Aparatur Inspektorat dan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Inspektorat Kabupaten Deli Serdang. Tesis tidak dipublikasikan. Sumatera Utara: Ilmu Akuntansi, Pasca Sarjana, Universitas Sumatera Utara.

Peraturan Badan Pemeriksa Keuangan RI No. 01 Tahun 2007. Standar Pemeriksaan Keuangan Negara. Jakarta.

Peraturan Menteri Penyalahgunaan Aparatur Negara (PERMENPAN) Nomor PER/04/M.PAN/03/2008. Kode Etika Aparat Pengawasan Intern Pemerintah. Jakarta.

Peraturan Menteri Penyalahgunaan Aparatur Negara (PERMENPAN) Nomor PER/05/M.PAN/03/2008. Standar Audit Aparat Pengawasan Intern Pemerintah. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Daerah Nomor 18 Tahun 2016. Organisasi Perangkat Daerah.

Pusdiklatwas BPKP. 2008. Kode Etik dan Standar Audit. Edisi Kelima.

Rahmat, 2012. Psikologi Komunikasi. Edisi 28 Bandung. PT Remaja Rosdakarya.

Robbins, Stephen P, 2006. Perilaku Organisasi Edisi 10. Jakarta

Santoso, S. 2002. Latihan SPSS Statistik Parametrik, Jakarta: Efek Media Komputindo.

Sugiyanto. 2004. Analisis Statistik Sosial. Malang: Banyumedia Publishing.

Sukriah, Akram, dan Inapty. 2009. Pengaruh Independensi, Integritas, Obyektifitas, Kompetensi dan Pengalaman Kerja Terhadap Kualitas Hasil Pemeriksaan. Simposium Nasional Akuntansi XII.Palembang.

Supriyono. R.A. 1988. Pemeriksaan Akuntansi (Auditing): Faktor-faktor yang mempengaruhi Independensis Penampilan Akuntan Publik. Jakarta. PT Salemba Empat.

Suraidah, Ida. 2005. Pengaruh Etika, Kompetensi, Pengalaman Audit terhadap skeptisme professional auditor dan ketepatan pemberian opini akuntan public. Sosiohumaniora Val 7 Nomor 3 November: 186-202.

Wibowo. Styo. 2006. Prinsip-Prinsip Dasar Kode Etik Internal.www.setyowibowo.wordpress.com, diakses 23 September 2013




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i6.899

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats