UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPS TERPADU MELALUI PENDEKATAN COOPERATIVE LEARNING PADA SISWA KELAS IX-1 SMPN 4 PRAYA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Baiq Mariana

Abstract


Penelitian tindakan kelas dalam 2 siklus untuk mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa SMPN 4 Praya terutama Kelas IX-1 Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan menggunakan pendekatan Cooperative Learning. Indikator hasil belajar siklus I kenaikan prestasi belajar kelas menjadi 69,89 dan 65% siswa tuntas, nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 90. Hasil belajar siklus II prestasi belajar kelas menjadi 83,3% dan  90% siswa tuntas dengan nilai terendah 78 dan tertinggi 95%. Kesimpulan bahwa model pembelajaran IPS Terpadu dengan Cooperative Learning dapat meningkatkan perstasi belajar siswa SMPN 4 Praya Kelas IX-1 Tahun Pelajaran 2016/2017.


Keywords


Pembelajaran, Prestasi belajar, Cooperative Learning.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Hisyam Zaini, Bermawy Munthe, Sekar Ayu Aryani. 2004. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : CTSD.

Saiful Rachman, Yoto, Syarif Suhartadi, Suparti. 2006. Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surabaya : SIC Bekerjasama Dengan Dinas P dan K Provinsi Jawa Timur.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Offset.

Sumadi. 2002. Prestasi dalam Belajar. Pustaka Widyamara : Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i11.98

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats