PERILAKU BIROKRASI PEMERINTAH DAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK DI DESA LAIS KECAMATAN DONDO KABUPATEN TOLITOLI

Andi Nuraini, Nursifa Nursifa, Nursifa Nursifa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku birokrasi pemerintah dan kualitas pelayanan publik di Desa Lais Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi Perilaku Birokrasi Pemerintah dan Kualitas Pelayanan Publik di Desa Lais Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli. Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan dan mendeskripsikan peristiwa maupun fenomena yang terjadi dilapangan. Pengumpulan data yang di lakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan tiga komponen yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa perilaku birokrasi di tatanan pemerintah desa sudah cukup baik, namun yang masih harus lebih ditingkatkan lagi yaitu Kualitas Pelayanan Publik di Desa Lais Kecamatan Dondo Kabupaten Tolitoli, karena dari hasil penelitian dan juga hasil wawancara dari beberapa informan, peneliti menyimpulkanPelayanan Publik di Desa Lais belum bisa di katakan baik atau belum memenuhi syarat, seperti apa yang di harapakan oleh masyarakat. hal ini bisa dilihat dari adanya indikator yang belum terpenuhi berdasarkan yang peneliti ambil sebagai acuan penelitian, indikator yang belum terpenuhi yaitu kecepatan. Berdasarkan hasil penelitian yang menjadi kendala dalam proses pelayanan kepada masyarakat yaitu masih kurangnya Aparat Desa yang mampuh menggunakan alat bantu seperti komputer atau laptop dan juga masih kurangnya sarana prasarana yang tersedia dikantor Desa Lais

Keywords


Perilaku, Birokrasi & Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Atep Adya Barata, 2003. “Dasar-Dasar pelayanan prima”, Yudistira : Jakarta.

A.S Moenir, 2006. “Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia”, Bumi Aksara : Jakarta

Blau, 1963. “Birokrasi dalam masyarakat modern”, UI Press : Jakarta

Boediono, 2003. “Pelayanan Prima Perpajakan”, Rineka Cipta : Jakarta

Dra, 1986.“Tata Pemerintahan dan AdministrasiPemerintahan Desa”,Ghalia indonesian :Jakarta.

Dwiyanto, 2010. “Reformasi birokrasi publik di indonesia”, Pusat Studi Kebijakan dan Kependudukan, UGM : Yogyakarta

Frizsimmons, 1994. Poblic Administration : Value, Policy and Change. Washington, DC

Geotsh dan Davis, 2011 “Kualitas Pelayanan Publik”, Prenada Media :Yogyakarta.

Hardiyansya, 2011. “Kualitas Pelayanan Publik”,Gava Media : yogyakarta

Lewis dan Gilman, 2005. “The Ethics challenge in public service: Aproblem-solving guide. Market street, San Fransisco: Jossey-Bass.

Miles dan Hubermen, 2010. “Terampil mengelolah data kualitatif”, prenada media group : Jakarta

Ndraha, 1997. “Budaya Organisasi”, Bumi aksara : Jakarta

R .Bintoro, 1984. “Interaksi Sosial Desa dan Kota”, Galia Indonesia : Jakarta.

Ridwan dan Sudrajat, 2009. “Hukum Administrasi Negara dan KebijakanPelayanan Publik”, Nuansa : Bandung

Ratminto dan Atik Septi Winarsi, 2007. “Manajemen Pelayanan”, Pustaka pelajar : Yogyakarta

Sutarjo Kartohadikusumo,1998. “Desa”, Kanisius: yogyakarta

Sinambela, 2008. “Reformasi Pelayanan Publik”, Bumu Aksara : Jakarta

Tjiptono, Fandi, 2000. “Manajemen Jasa”, Andi : Yogyakarta

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 Tahun 2004 Tentang Pedoman Umum Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014

Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa.

(https://en. Wikipedia.org/wiki/village)

(https://hedisasrawan.blogspot,co.id./2014/07/16-pengertian-desa)

(http://subiantogeografi.wordpress.com/pengertian-desa-dan-kota/)




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i1.1199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats