PKM PENINGKATAN PEMAHAMAN MAHASISWA SEKOLAH TINGGI PARIWISATA MATARAM TENTANG PERAN SUPERVISOR SEBAGAI PEMIMPIN

Rizal Kurniansah

Abstract


Untuk menjadi seorang supervisor, tentu harus memiliki pengalaman kerja  di posisi yang sama dalam kurung waktu yang cukup lama. Supervisor juga harus memiliki kemampuan leadership, skill, attitude yang baik sehingga mampu memimpin para bawahannya dalam menjalankan operasional hotel. PKM ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa STP Mataram tentang peran supervisor. Target luaran dari pelatihan tersebut diharapkan mahasiwa/i STP Mataram memiliki pengetahuan tentang peran supervisor dalam memimpin serta memiliki pengetahuan leadership yang baik. Kegiatan ini berlangsung selam tiga bulan. Hasil kegiatan PKM ini berlangsung dengan baik dan lancar. Kegiatan ini disambut positif oleh mahasiswa sebagai peserta dalam kegiatan ini. Secara umum kegiatan berlangsung dengan baik dan lancar dengan tingkat kehadiran peserta sebesar 85%. Ketercapaian target materi sangat baik karena materi pelatihan telah disampaikan secara keseluruhan, kemampuan peserta dilihat dari penguasaan materi sudah baik dengan nilai rata-rata dari hasil latihan soal yaitu 70,54. Hal ini diakibatkan waktu pengabdian yang mencukupi dalam menyampaikan materi, suasana pelatihan yang menyenangkan serta melakukan praktek langsung. Berdasarkan hasil pelatihan tersebut, PKM peningkatan pemahaman mahasiswa sekolah tinggi pariwisata mataram tentang peran supervisor sebagai pemimpin ini secara keseluruhan dapat dikatakan berhasil/sukses.


Keywords


Supervisor, leadership, STP Mataram

Full Text:

PDF

References


Ruffino, EM dan Bartono, PH. 2010. Hotel Supervision: Teknik Supervisi dan Uji Kompetensi untuk Pendidikan Pariwisata. Yogyakarta: Andi.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i12.132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats