UPAYA PENINGKATAN HASIL BALAJAR AGAMA HINDU DENGAN MATERI DHARMAGITA MENGGUNAKAN STRATEGI 3W2H PADA SISWA KELAS V SDN 4 LEMBUAK

I Wayan Sudiantara

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan Hasil balajar Agama Hindu dengan materi dharmagita  menggunakan strategi 3W2H pada siswa kelas V  SDN 4 Lembuak. Desain penelitian yang akan dilakukan mencakup empat aspek penelitian tindakan yaitu menyusun rencana tindakan bersama-sama antara peneliti dan kolabolator, bertindak dan mengamati secara individual dan kolektif, melakukan refleksi bersama-sama, dan merumuskan kembali rencana berdasarkan informasi yang lebih lengkap dan lebih kritis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan hasil balajar Agama Hindu dengan materi dharmagita menggunakan strategi 3W2H pada siswa kelas V SDN 4 Lembuak. Peningkatan terjadi pada proses dan produk pembelajaran. Peningkatan proses meliputi keseluruhan perilaku siswa selama proses pembelajaran. Pada siklus I, peran siswa dalam pembelajaran mulai meningkat. Siswa mulai berani mengemukakan pendapat dan bertanya kepada guru meskipun ada beberapa siswa yang kurang serius dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Pada siklus II, siswa semakin aktif bertanya dan mengemukakan pendapat, siswa juga lebih mandiri dan tidak selalu bergantung pada guru. Jumlah siswa yang bergurau saat pembelajaran pun berkurang. Refleksi siswa di akhir siklus II menunjukkan bahwa pembelajaran berlangsung dengan menarik dan menyenangkan. Pada tahap siklus I yaitu dharmagita dengan menggunakan strategi 3W2H, skor  rata-rata semua aspek sebesar 74,5%. Pada tahap siklus II pembelajaran agama Hindu dengan materi dharmagita dengan menggunakan strategi 3W2H meningkat lagi menjadi dengan skor rata-rata semua aspek sebesar 86,40. Secara keseluruhan penelitian ini dapat dikatakan berjalan dengan baik dan lancar.


Keywords


Hasil Belajar, Dharmagita, Strategi 3W2H

Full Text:

PDF

References


Ibrahim, dkk. 2011. Cara Belajar Materi Kreatif . Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Nurkancana. 2012. Teori dan Praktik Belajar Mengajar. Yogyakarta: Alfabeta.

Nuasa, I Ketut. Ratni, Ni Putu. Kidung Panca Yadnya Pesantian Kala Gita – Mataram. Mataram : Yayasan Dewi Saraswati Mataram.

Suprijono. 2009. Penilaian Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: BPFE.

Wiesendanger, Khaterine D. 2001. Strategies for Literacy Education. Ohio: Alfred University.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i4.1340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats