HUBUNGAN ANTARA PROMOSI MENGGUNAKAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM DENGAN MINAT BELI

Didit Nasrudin, Mayasari Mayasari, Fardiah Oktariani Lubis

Abstract


Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara intensitas, isi pesan dan daya tarik promosi menggunakan sosial media Instagram @06original dengan minat beli masyarakat. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 84.700 orang yang merupakan followers akun Instagram @06original, dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang diambil melalui metode random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, penelitian lapangan dan litterature. Teori yang digunakan adalah Stimulus Organisme Respons.  Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara intensitas promosi dengan minat beli dengan nilai koefesien korelasi 0,627. Terdapat hubungan yang kuat antara isi pesan promosi dengan minat beli dengan nilai koefesien korelasi 0,694. Terdapat hubungan yang kuat antara daya tarik promosi dengan minat beli dengan nilai koefesien korelasi 0,781.


Keywords


Promosi, Minat, Instagram

Full Text:

PDF

References


P. Kotler, “Marketing Management, Analysis, Planning and Control (Manajemen Pemuaran, Analisis Perencanaan dan Pengendalian),” Terjem. Herujati Jaka Wasana, Ed. XI, Cetakan Keempat, Jilid II, Penerbit Erlangga, Jakarta, 2005.

R. M. Rahmat, “Analisis Strategi Pemasaran Pada PT. Koko Jaya Prima Makassar,” Univ. Hasanuddin, pp. 1–79, 2012.

I. Zevi, “Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Produk Pada Pt. Proderma Sukses Mandiri,” Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 2018.

B. Bungin, Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2006.

Nasrullah, Teori dan Riset Media Cyber (Cybermedia). Jakarta: Prenada Media Group, 2015.

D. B. Atmoko, Instagram Hanbook Tips Fotografi Ponsel. Jakarta: Media Kita, 2012.

P. Kotler and G. Amstrong, Dasar-dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga. 2008

P. Kotler and K. L. Keller, Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks, 2009.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i4.1345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats