STRATEGI BRANDING DALAM MEMBANGUN BRAND EQUITY “TOYA BEJI GUWANG”
Abstract
Desa Guwang sebagai salah satu desa yang terletak di Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali memiliki potensi alam yang sangat menarik. Desa Guwang yang terkenal dengan objek wisata Hidden Canyon Beji Guwang juga memiliki sumber mata air yang berpotensi untuk dikelola dalam memenuhi kebutuhan air mineral bagi masyarakat Guwang. Sumber mata air yang kemudian menjadi air mineral kemasan dengan nama Toya Beji tersebut dikelola di bawah Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) Garuda Wisnu Prabawa. Dalam memperkenalkan air mineral kemasan kepada masyarakat tentu mengalami proses yang tidak mudah, upaya branding yang dilakukan menjadi tantangan yang harus dihadapi oleh pengelola Toya Beji. Untuk mengidentifikasi proses branding tersebut peneliti memfokuskan penelitian ini pada strategi branding serta bauran promosi yang digunakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik metode observasi, wawancara mendalam, dan studi pustaka. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa dalam tahapan menciptakan brand equity terdapat beberapa tahapan yang perlu dilaksanakan serta perlu dimaksimalkannya bauran promosi sebagai strategi komunikasi pemasaran dalam memperkenalkan Toya Beji.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Belch George E. & Belch Micahel A. 2003. Advertising and Promotion: an Intergarted Marketing Communications Perspective. The McGraw-Hill Companies
Bungin Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2008.
Cutlip Scott M., Allen H.Center, Glen M.Broom. 2006. Effective Public Relations, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Downer Lorann. 2016. Political Branding Strategies: Campaign and Governing in Australian Politics.
Hamidi. 2010. Metode Penelitian dan Teori Komunikasi. Malang: UMM Press.
Hermawan, Agus. 2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Hermawan Kartajaya. 2010. Connect! Surfing New Wave Marketing. Jakarta: Gramedia.
Iskandar.2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Gaung Persada.
Lee, J. S., Lee, C. K., & Choi, Y. 2011. Examining the role of emotional and functional values in festival evaluation. Journal of Travel Research.
Morissan. 2010. Periklanan: Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Muhlisian Asep Achmad. 2013. Analisis Kesalahan Terjemahan Bahasa Jepang yang Terdapat Dalam Karya Ilmiah S2. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Prisgunanto, Ilham. 2006. Komunikasi Pemasaran: Strategi dan Taktik. Bogor: PT. Ghalia Indonesia.
Suyanto, Bagong, dkk. 2005. Metode Penelitian Sosial. Surabaya: Airlangga University Press.
Wahana Komputer. 2009. Menguasai Java Programing. Semarang:Salemba 4
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i4.1346
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats