FRAUD TRIANGLE: DETERMINAN KECURANGAN AKADEMIK (Kasus Politeknik Negeri Pontianak)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perilaku kecurangan akademik dalam proses perkuliahan pada mahasiswa Politeknik Negeri Pontianak. Analisis dilakukan dengan menggunakan konsep fraud triangle. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa jurusan Akuntansi program studi DIII dan DIV. Pengumpulan data dilakukan terlebih dahulu melalui wawancara dengan beberapa orang mahasiswa tingkat akhir sebagai pra-penelitian, dan dilakukan penyebaran kuesioner secara proportional random sampling terhadap mahasiswa Akuntansi sebagai penelitian lanjutan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kombinasi. Dilakukan pra-penelitian dengan menggunakan teknik kualitatif dengan skala kecil dan dilanjutkan pada penelitian skala yang lebih besar pada mahasiswa dengan menggunakan teknik kuantitatif. Data yang diperoleh dalam pra-penelitian yaitu wawancara dan data dokumentasi berupa hasil dari kuesioner yang disebarkan pada mahasiswa dalam penelitian skala yang lebih besar. Variabel yang digunakan dalam penelitian, yaitu kecurangan akademik sebagai variabel terikat, tekanan akademik, kesempatan dan rasionalisasi sebagai variabel bebas. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial perilaku kecurangan akademik mahasiswa jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak dipengaruhi oleh faktor tekanan akademik dan adanya kesempatan. Sedangkan faktor rasionalisasi tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik. Dalam konsep fraud triangle yang terdiri dari tekanan, kesempatan dan rasionalisasi secara simultan berpengaruh terhadap kecurangan akademik mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Pontianak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Albrecht, W. Steve Dkk. (2012). Fraud Examination. South-Western: Cengage Learning. Tersedia [online] : http://books.google.co.id/books?id=SBzJYBsFPIC&pg=PA55&dq=fraud+ triangle&hl=id&sa=X&ei=BdgxVNS9GMOPuASW6YBg&redir_esc=y#v =onepge&q=fraud%20triangle&f=false) di akses pada tanggal 27 Juli 2018, pukul 10.28 wib.
Anderman E. M. dan Murdock T. B. (2007). Psychology of Academic Cheating. London : Academic Press, Inc.
Anugrahening Kushartanti. (2009). Perilaku Mencontek Ditinjau Dari Kepercayaan Diri. Indigenous Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi. Vol. 11, No. 2, November 2009 : 38-46.
Asni Jatiningsih. (2009). Dialog Dosen dan Mahasiswa: Menegakkan Integritas Akademik. Tersedia [online]: https://www.itb.ac.id/news/read/2453/home/dialog-dosen-dan-mahasiswamenegakan-integritas-akademik diakses pada tanggal 9 Agustus 2018, pukul 10.10 wib.
Davis, S. F. Drinan, P. F. Gallant, T. B. (2009). Cheating in School : What We Know and What We Can Do. Chicester : Wiley Blackwell.
Desi Purnamasari. (2013). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal Vol.2 No.1
Endra Murti Sagoro. (2013). Pensinergian Mahasiswa, Dosen, dan Lembaga Dalam Pencegahan Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. XI No.2
Husein Umar. (2008). Desain Penelitian Akuntansi Keperilakuan. Jakarta: Rajawali Pers.
Imam Ghozali. (2011). Ekonometrika, Teori, Konsep dan Aplikasi dengan SPSS 17. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jogiyanto. (2007). Metodologi Penelitian Bisnis: Salah Kaprah dan Pengalaman-Pengalaman. Yogyakarta : BPFE.
KBBI Daring. (2018). Definisi Akademis. Tersedia [online] di: https://kbbi.web.id/akademis diakses pada tanggal 24 Agustus 2018, pukul 14.17 wib.
KBBI Daring. (2018). Definisi Determinan. Tersedia [online] di: http://kbbi.web.id/determinan.html diakses pada tanggal 27 Juli 2018, pukul 11.03 wib.
KBBI Daring. (2018). Definisi Curang. Tersedia [online] di: https://kbbi.web.id/curang.html diakses pada tanggal 31 Juli 2018, pukul 20.00 wib.
Maksum Fuadi. (2016). Determinan kecurangan akademik pada mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang dengan konsep fraud triangle. Tersedia [online] : http://lib.unnes.ac.id/24526/1/7101412366.pdf diakses pada tanggal 30 Juli 2018, pukul 15.10 wib.
Mohammad Zaini, Anita Carolina, dan Achdiar Redy Setiawan. (2016). Analisa Pengaruh Fraud Diamond dan Gone Theory Terhadap Academic Fraud (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi Se-Madura). Tersedia [online]: http://lib.ibs.ac.id/materi/Prosiding/SNA%20XVIII/makalah/155.pdf diakses pada 9 Agustus 2018, pukul 15.00 wib.
Nursalam, Suddin Bani, dan Munirah. (2013). Bentuk Kecurangan Akademik (Academic Cheating) Mahasiswa PGMI Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Jurnal Lentera Pendidikan. Tersedia [online]: http://journal.uinalauddin.ac.id/index.php/lentera_pendidikan/article/view/504/480 diakses pada tanggal 9 Agustus 2018, pukul 11.00
Muhammad Hadi Santoso dan Helmy Adam. (2014). Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi Dengan Menggunakan Konsep Fraud Triangel. Tersedia [online] : http://download.portalgaruda.org/article.php?article=189250&val=6467&t itle=ANALISIS%20PERILAKU%20KECURANGAN%20AKADEMIK% 20PADA%20MAHASISWA%20%20AKUNTANSI%20DENGAN%20M ENGGUNAKAN%20KONSEP%20FRAUD%20TRIANGLE%20%20%2 0(Studi%20pada%20Mahasiswa%20S1%20Akuntansi%20Kota%20Malan g) diakses pada tanggal 30 Juli 2018, pukul 13.00 wib.
Rahmalia Nursani dan Gugus Irianto. (2012). Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Dimensi Fraud Diamond. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 3(2), 161–331. Tersedia [online]: http://download.portalgaruda.org/article.php?article=189748&val=6467&t itle=Perilaku%20Kecurangan%20Akademik%20Mahasiswa:%20%20%20 Dimensi%20Fraud%20Diamond pada tanggal 9 Agustus 2018, pukul 15.00
Rezki Apriliya Iskandar. (2018). Indeks Persepsi Korupsi Indonesia 2017 Stagnan, Tetap di Skor 37. Tersedia [online]: https://www.liputan6.com/news/read/3311878/indeks-persepsi-korupsi-indonesia-2017-stagnan-tetap-di-skor-37 diakses pada tanggal 9 Agustus 2018, pukul 2.26 wib.
Rizka Halida. (2007). Mayoritas Siswa Mahasiswa Menyontek. Tersedia [online]: http://www.sampoernafoundati on.org/content/view/699/48/lan g,id/ diakses pada tanggal 9 Agustus 2018, pukul 10.42 wib.
Sinambela, Lijan Poltak. (2014). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Statistik Nonparametris Untuk Penelitian. Yogyakarta: Alfabeta.
Sujoko Efferin, Stevanus Hadi Darmadji, dan Yuliawati Tan. (2012). Metode Penelitian Akuntansi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tuanakotta, Theodorus M. (2014). Akuntansi Forensik dan Audit Investigatif. Jakarta: Salemba Empat.
UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i2.1371
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats