PENGARUH KOMPENSASI TERHADAP KINERJA PEKERJA KONTRAK DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI HARRIS HOTEL RAYA KUTA-BADUNG

Putri Anggreni, I Wayan Pujawan

Abstract


Kinerja merupakan hasil kerja yang dilakukan oleh pekerja. Kinerja adalah suatu kegiatan dan hasil yang dapat dicapai oleh pekerja dilihat dari tercapainya sasaran atau standar kerja yang telah ditetapkan perusahaan atau bahkan melebihi standar kerja tersebut. Kinerja seorang pekerja dapat dilihat dari hasil pekerjaan pekerja, pengetahuan yang terkait dengan pekerjaan, inisiatif, kecekatan mental individu, sikap, serta disiplin waktu dan absensinya, serta dapat melalui kualitas kerja dan ketepatan waktu dalam bekerja. Kinerja dapat dipengaruhi berbagai faktor diantaranta adalah kompensasi yang diterima oleh karyawan dan motivasi kerja. Kompensasi dapat berpengaruh langsung terhadap kinerja maupun melalui motivasi kerja sebagai mediasi. Lokasi penelitian ini pada Harris Hotel Raya Kuta-Badung. Dalam penelitian ini data diperoleh dari penyebaran kuisioner kepada seluruh pekerja kontrak pada Harris Hotel Raya Kuta-Badung yang berjumlah 35 orang, Penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik sampel jenuh atau sensus. Metode analisis yang digunakan penelitian ini adalah analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukan bahwa:

 

 

1) Kompensasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi kerja pada Harris Hotel Raya Kuta-Badung. Hal ini terbukti dari nilai standardized beta (β) bernilai positif 0,572 dan signifikansi 0,000 < 0,05.  2) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan  terhadap kinertja karyawan kontrak pada Harris Hotel Raya Kuta-Badung. Hal ini terbukti dari nilai standardized beta (β) positif sebesar 0,361 dan dengan signifikansi 0,026 < 0,05. 3) Kompensasi secara langsung berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan kontrak pada Harris Hotel Raya Kuta-Badung. Hal ini ditunjuukan oleh nilai standardized beta (β) positif 0,424 dan signifikansi 0,010 < 0,05. 4) Motivasi kerja tidak mampu berperan dalam memediasi pengaruh kompensasi terhadap kinerja karyawan kontrak pada Harris Hotel Raya Kuta-Badung, namun pengaruh tidak langsung tersebut signifikan. Hal ini terbukti dari pengaruh kompensasi dengan mediasi motivasi kerja lebih kecil dari pengaruh langsung kompensasi terhadap kinerja karyawan namun dari uji Sobel pengaruh tersebut signifikan.


Keywords


Kompensasi, Motivasi Kerja, Kinerja Karyawan

Full Text:

PDF

References


Andico, 2013. “Kepemimpinan Kepala Profesional dalam mencapai visi dan misi pendidikan SDI Hj. Isriati Semarang”. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyag dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Brahmasari, Ida Ayu dan Agus Suprayetno. 2008. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan, dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan serta Dampaknya pada Kinerja Perusahaan (Studi kasus pada PT. Pei Hei International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol. 10, September: 124-135.

Gomez, Meijia. 2013. Managing Human Resources. New Jersey: Pearson Education Inc, Publishing as Prentice Hall.

Harbani, Pasolong. 2010. Teori administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Hasibuan, Malayu. 2012. Manajemen Sumber Daya manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ichsan, Achmad. 2011. Lembaga Perserikatan, Surat-Surat Berharga, Aturan-Aturan Angkutan. Jakarta: Pradnya Paramita.

Johari, N. H., 2014. The Influence of Board Independence, Competency and Ownership on Earnings Management in Malaysia. Malaysia: Universitas Tenaga Nasional.

Jogiyanto, Hartono. 2010. Metodologi Penelitian Bisnis. Edisi 6. Yogyakarta: BPFE.

Maltis, Robert L. John H.Jackson.2009. Manajemen Sumber Daya Manusia, Salemba Empat, Jakarta.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2010, Manajemen Sumber Daya Manusia, Cetakan Ke Tujuh PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Marwansyah. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Ranupandojo, Heidjrachman & Husnan, Suad. 2012. Manajemen Personalia. Yogyakarta: BPFE.

Riyadi, Slamet . 2011 Pengaruh Kompensasi Finansial , Gaya Kepemimpinan, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Manufaktur di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, Vo113, No. 1, Maret 2011: 40-45.

Robins, Stephen P. 2010. Perilaku Organisasi, Jilid II Edisi Kedelapan. PT. Pranhallondo, Jakarta.

Sekaran, Uma. 2006. Metodologi Penelitian untuk Bisnis. Buku Edisi 4. Jakarta: Salemba Empat.

Siagian, Sondang P. 2012. Teori Pengembangan Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2007. Statistik untuk Penelitian, Edisi Kedua, Bandung: Penerbit CV. Alfabeta,

Sunyoto, Danang. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Pontianak: Koleksi Universitas Lambung Mangkurat.

Suwatno. & Priansa, D. 2011. Manajemen SDM dalam organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

UU Ketenagakerjaan No. 13 tahun 2003, Tentang Ketenagakerjaan.

Utama, I Gede Ari. 2009. Pengaruh Kompensasi dan Komunikasi Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Tiara Cipta Nirwana Badung. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Udayana.

Winanti, Marliana Budhiningtias. 2011. Pengaruh Kompetensi Terhadap Kinerja Karyawan (Survei Pada PT Frisian Flag Indonesia Wilayah Jawa Barat). Jurnal Majalah Ilmiah Unikom, Vol.7(2): 249 -267.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i5.1390

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats