PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DIGITAL UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tentang pengembangan media pembelajaran komik digital yang sebelumnya dikembangkan dengan model Borg & Gall.. Uji Coba yang dilakukan dalam penelitian ini melalui ahli materi, ahli media dan siswa yang berjumlah 27 untuk menilai pembelajaran daring menggunakan media komik digital dalam uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data yang dilakukan peneliti menggunakan kuesioner angket untuk menilai kelayakan media pembelajaran komik digital. Data dianalisis secara deskriptif kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media komik digital dalam kegiatan proses pembelajaran secara daring menunjukan bahwa komik digital layak untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran daring. Hal ini disimpulkan dari rata-rata nilai yang telah diperoleh dari ahli materi, ahli media, siswa dalam uji coba satu-satu maupun secara berkelompok dan siswa dalam uji coba lapangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ismail dan Sri Hartati. (2020). Pendidikan Kewarganegaraan : Konsep Dasar Kehidupan Berbangsan dan Bernegara Indonesia (N. Arsalan (ed.); 1st ed., Vol. 148). CV. Penerbit Qiara Media. http://eprints.ipdn.ac.id/5511/1/Ismail Book - PKN %28Konsep Dasar%29.pdf
Knowles, R. T., & Castro, A. J. (2019). The implications of ideology on teachers’ beliefs regarding civic education. Teaching and Teacher Education, 77, 226–239. https://doi.org/10.1016/j.tate.2018.10.009
Matrona. (2016). Upaya Meningkatkan Minat Belajar PKN Siswa Dengan Menggunakan Media Visual Di Kelas 1 SDN 59 KM 2 Ngabang Kabupaten Landak. Jurnal Edukasi, 14(1), 83–93. https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/download/287/284
Meidyawati, S., & Ws, R. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Komik Terhadap Hasil Membaca Pemahaman Di Kelas V Sd Negeri 2 Gunung Pereng Kota Tasikmalaya. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 283–295.
Nogueira, F., & Moreira, A. (2012). A Framework for Civic Education Teachers’ Knowledge. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 47(1990), 1179–1183. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.797
PP No 21 Tahun 2020. (2020). PP No 21 Tahun 2021. 1–8. https://doi.org/10.4324/9780367802820
Rohmanurmeta, F. M., & & Dewi, C. (2018). Pengaruh Media Komik Digital Pelestarian Lingkungan Terhadap Prestasi Belajar Tematik Pada Siswa Sekolah Dasar. Prosiding SNasPPM, 3(1), 87–90. https://doi.org/10.1016/j.dib.2020.105929
Styaningsih, H. A., Winarno, & Nuryadi, M. H. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Komik Digital Terhadap Minat Belajar Ppkn Siswapada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Kasus Pelanggaran Dan Upaya Penegakan Ham. Jurnal Profesi Pendidik, 3(2), 129–140.
Subadi, T. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/3034/Pendidikan Kewarganegaraan.pdf?sequence=3&isAllowed=y
Undang-undang No 20 Tahun 2003. (2003). Undang-Undang No 20 Tahun 2003. Undang-Undang No 20 Tahun 2003, 1(2), 1–15.
Widiatmaka, P. (2016). Kendala Pendidikan Kewarganegaraan dalam membangun karakter peserta didik di dalam proses pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 13(2), 188–198. https://doi.org/10.21831/civics.v13i2.12743
Sudjana, N. & Rivai, A. (2003). Teknologi Pengajaran, Jakarta: Sinar Baru Aglesindo.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i5.1392
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats