PERANAN ORANG TUA DAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT MEMBACA PADA SISWA KELAS V-VI DI MIN TOLITOLI KECAMATAN BAOLAN KABUPATEN TOLITOLI Oleh

Theopilus C Motoh

Abstract


Membaca bagi manusia merupakan kebutuhan yang sangat mendasar, sebagaimana kebutuhan manusia akan makan, pakaian, dan lain-lain. Selain itu, membaca sangatlah penting bagi manusia, karena dapat memperluas wawasan dan kemampuan nalar, dapat menambah ilmu pengetahuan, dapat meningkatkan prestasi, sekaligus dapat memecahkan masalah dan juga sebagai hiburan. Orang dapat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) pada dasarnya dari membaca buku, oleh sebab itu dilihat dari manfaat yang dapat diperoleh dari membaca, sebaiknya orang tua dan guru dapat bekerjasama untuk menanamkan minat membaca pada anak. Namun sekarang kondisi anak didik kita umumnya mereka sangat kurang menyukai membaca buku. Membaca bagi mereka hanya terbatas pada buku-buku pelajaran yang digunakan oleh guru dalam pembelajarannya, itupun terpaksa dilakukannya dengan alasan karena akan ada ulangan oleh guru. Hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian orang tua serta kurangnya pengetahuan orang tua tentang manfaat dari membaca buku. Oleh karena itu penelitian ini mencoba mencari alternatif pemecahannya.

Penelitian ini merupakan penelitian deskritif kualitatif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan peranan orang tua siswa dalam meningkatkan minat membaca pada siswa kelas V dan VI  MIN Tolitoli, serta perbedaan prestasi belajar antara siswa yang memiliki minat membaca dengan siswa yang kurang memiliki minat membaca. Data-data penelitian diperoleh melalui pengamatan (observasi), wawancara/interview dan angket. Berdasarkan analisis data  melalui angket menggunakan persentase jawaban responden diketahui bahwa: (1) Peranan orang tua dan guru dalam meningkatkan minat membaca pada siswa kelas V-VI di MIN Tolitoli telah dilaksanakan, hal ini dapat dilihat dari respon positif responden mencapai rata-rata 74,31%. Namun belum maksimal ditinjau dari rendahnya dorongan orang tua kepada anak untuk mengunjungi perpustakaan (respon positif responden hanya 40,01%), serta kurangnya pengetahuan orang tua tentang manfaat membaca buku; (2) Ada perbedaan prestasi belajar antara siswa yang menanamkan minat membaca dengan siswa yang kurang berminat membaca di MIN Tolitoli. Hal ini dapat dilihat dari pencapaian nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menunjukkan hasil belajar yang lebih tinggi antara siswa yang memiliki minat membaca dengan siswa yang kurang memiliki minat membaca buku.


Keywords


Peran orang tua siswa, minat membaca

Full Text:

PDF

References


Ahmad, A. & Fitriana. (2016). Peran Orang Tua dalam Membina Nilai Karakter Anak di Kecamatan Simpang Tiga Aceh Besar. Journal: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, vol (1), hal. 1-9

Ali Muhammad, 1985. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Penerbit angkasa.

Arikunto, S., 1985. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bina Aksara

_____, 2003. Jurnal Pendidikan Dasar Kajian Teori dan Penelitian Pendidikan Juli-Desember 2003 Vol I No.1 ISNN 1412-9884 penerbit. Jurusan pendidikan dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Gorontalo.

Arikunto, Suharsimi. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdikbud., 1991/1992. Petunjuk Teknis Pengajaran Membaca Di Sekolah Dasar. Jakarta: Proyek peningkatan mutu pendidikan dasar. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Jakarta.

Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Fikriyah, F., & Faiz, A. (2019).

Penanaman Karakter Melalui Peran Pendidik Dalam Menghadapi Tantangan Di Era Globalisasi. Jurnal PGSD, 5(2), 25-36. https://doi.org/10.32534/jps.v5i2.744

Hadi, S., 1980. Unsur-unsur Metode Penelitian Ilmiah. Jakarta: Dirjen Perguruan Tinggi Depdiknas.

Handayani, D. S., Sulastri, A., Mariha, T., & Nurhaeni, N. (2017). Penyimpangan Tumbuh Kembang Anak dengan Orang Tua Bekerja. Jurnal Keperawatan Indonesia, 20(1),48-55.

Kemendikbud. (2016). “Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan”. Diunduh dari https://www.kemdikbud.go.id pada tanggal 9 Mei 2019 pukul

19.00 WIB

Lestari, S. (2017). Parenting with Leadership Peran Orang tua dalam Mengoptimalkan dan Memberdayakan Potensi Anak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook Editon 3. USA: Sage Publications.

Muchlisoh, dkk., 1992. Pendidikan bahasa 1 modul 1-9.

Nafotira, A. (2018). Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Minat baca Pad Anak usia Sekolah Dasar Kelas 1 (Satu) di Surabaya (Doctoral dissertation, Universitas Airlangga). Diunduh dari http://repository.unair.ac.id/7481

3/

Nawawi Hadari, 2001. Metodologi Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gaja Mada Universitas Press

Oka, I. G. N., 1983. Pengantar Membaca dan Pengajarannya. Surabaya: Usaha Nasional

Pancarani, B., Amroh, W, I., Noorfitriana, Y,. (2017). Peran Literasi Orang Tua dalam Perkembangan Anak. Journal: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi vol (-), hal. 23-27.

Peraturan Pemerintah No.28 Tahun 1990 Tentang Pendidikan Dasar

Pratiwi, Indi. 2018. Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Purnomo, H., Karim, A., Rahmatullah, A. S., & Sudrajat, S. (2020). Principals’ personality, leadership, teachers’ job satisfaction and students’ achievement. International Journal of Psychosocial Rehabilitation, 24(8), 4581–

4596. https://doi.org/10.37200/IJPR/V2

4I8/PR280475.

Rahardjo., M (2017). Studi kasus dalam Penelitian Kualitatif: Konsep dan Prosedurnya. Malang: Program Pascasarjana IUN Maulana Malik Ibrahim Malang (http://www.academia.edu/downl oad/56668034/Studi-kasus- dalam-penelitian-kualitatif.pdf) diakses pada tanggal 09/07/2020 pukul 22:04

Rohaeti, T., & sumliyah, S. (2020).

RESPON MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DALAM PENGGUNAAN GOOGLE CLASSROOM DI ERA COVID-19. Integral : Pendidikan Matematika, 11(1), 6-68. Retrieved from https://e- journal.umc.ac.id/index.php/JNR/ article/view/1185

.Surachmad, W. 1993. Dasar-dasar dan Teknik Research. Pengantar Metodologi Ilmiah. Bandung : CV. Tarsito.

Syamsudin dan Vismaia. (2011).

Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Umar, M. (2015). Peranan Orang Tua dalam Peningkatan Prestasi Belajar Anak. Journal: Jurnal Ilmiah Edukasi, vol (1), hal. 20-

28.

Undang-undang No.20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional CV. Eaka Jayakarta.

Wahyuni, S.R. (2017). Peran Orang Tua terhadap Prestasi Siswa di Kelas 5 di SD Al-Azhar Syifa Budi Pekanbaru. Journal: Journal Endurance: vol (2), hal.

18-24. doi:http://dx.doi.org/10.22216/jen

.vli3.1526

Wiryopranoto, S., Herlina, N., Marihandono, D., dkk. (2017). KiHajar Dewantara Pemikiran dan Perjuangannya. Jakarta: Museum Kebangkitan Nasional Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i5.1395

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats