STRATEGI PENGELOLAAN SANITASI DALAM UPAYA MENDUKUNG DESA WISATA DI DESA SERUNI MUMBUL LOMBOK TIMUR

I Ketut Bagiastra, Niki Hannaji, Si Luh Putu Damayanti

Abstract


 Kebutuhan akan ketenangan akan suatu obyek wisata membuat seseorang sering memilih lokasi obyek wisata yang memenuhi kebutuhan kenyamanannya. Desa Seruni merupakan tempat wisata buatan yang baru dibangun tahun 2019. Di tempat ini pengunjung bisa menikmati pesona rawa-rawa, dan memiliki puluhan mata air. Kondisi lingkungan di Desa Seruni Mumbul maupun di obyek wisata masih banyak terdapat kekurangan dalam pengelolaan sanitasinya, demikian juga pasilitas, sumber daya, alokasi anggaran yang belum memadai. Toilet yang tersedia masih belum memenuhi kebutuhan wisatawan, pengelolaan sampah belum ditangani dengan baik, pasilitas penangannan sampah juga masih kurang. Adapun sasaran yang ingin dicapai adalah untuk mengkaji sistem sanitasi yang diterapkan pada objek wisata Desa Seruni Mumbul. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik survey, wawancara  serta  dokumentasi.  Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan diperoleh bahwa sistem sanitasi pada objek wisata  belum memenuhi standar sanitasi yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan RI. Terdapat beberapa tempat yang telah memperhatikan standar kebersihan, dan telah memenuhi standar sanitasi minimaldi beberpa tempat. Sistem sanitasi yang diterapkan antara lain meliputi sanitasi dasar, penyediaan air bersih, Pembuangan air limbah, ketersediaan tempat sampah, jarak toilet serta penerangan. Sedangkan di beberpa tempat belum sepenuhnya memenuhi kriteria Sanitasi.


Keywords


sanitasi, fasilitas, objek wisata

Full Text:

PDF

References


Aprilia, 2017 “ Pengaruh Daya Tarik Wisata Dan Fasilitas Layanan Terhadap Kepuasan Wisatawan di Pantai Balekembang Kabupaten Malang” Universitas Brawijaya 2017.

Balderton, 2017 “ Pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa oleh pemerintah desa di desa parakanmanggu kecamatan perigi kabupaten pangandara” Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara.

Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Bagiastra, I. K., & Damayanti, S. L. P, (2019). Pengolahan Sampah Basah Dengan Menggunakan Stater Di Hotel Lombok Raya. Media Bina Ilmiah, 14(1), 1939 – 1948

Bagiastra, I Ketut, dkk. (2021). Teknik Pengembangan Potensi Wisata Gunung Sasak Di Desa Kuripan Giri Sasak. Media Bina Ilmiah, 15 (11), 5579-55.

Gunawan., et al. 2003. Pedoman Pegeloloaan Pengawasan Sanitasi TempatTempat Umum Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Dinkes Provinsi DIY, Yogyakarta.

Helln Angga Devy & R.B. Soemanto. 2017. Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Sosiologi Dilema, Vol. 32, No. 1, ISSN 0215/9635.

Hidayat, Faiq. 2017. Indonesia Peringkat 2 Sanitasi Terburuk di Dunia. Jakarta: Detik News. [Online]. Dari:https://news.detik.com/berita/d-3671789/ kepala-bappenas-indonesia-peringkat-2-sanitasi-terburuk-di- dunia diakses pada [02 April 2018].

Ilham dan Warlina, 2021 “Strategi Pengelolaan Kebun Binatang Dalam Menghadapi New Normal”

Moeleong, Lexy J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Penerbit Remaja Rosdakarya

Rangkuti, 2014 . Ananlisis SWOT Teknik Membedah Kasus Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen (JPIM) p-ISSN:2502-3780, e-ISSN: 2621-881x

Sedarmayanti, 2014, Manajemen Strategi, PT. Refika Aditama, Bandung.

Sugiyono, 2011, Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2009. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto 2006 “ Metodologi Penelitian “ Yogyakarta : Bina Aksara

Suidarma dan Afrita, 2021 “Upaya Meningkatkan Sektor Pariwisata Melalui Pengembangan CHSE (Cleanliness, health, safety, environment)

Suwena, 2010 “ Strategi Pengelolaan Pantai Baron Sebagai Pariwisata Berkelanjutan “

Varawati, dk 2021 “Strategi Perencanaan Manajemen Balkondes Barabudur Di Era New Normal”




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i6.1438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats