TRANSFORMASI BUDAYA ORGANISASI DALAM MENINGKATKAN MUTU PENERAPAN DIGITAL MARKETING PADA PEMASARAN PRODUCT MAINTENANCE

Suwarno Suwarno

Abstract


Adanya penerapan digital marketing pada pelayanan pelanggan di Product Maintenance keseluruhan aktivitasnya berbasis media digital seperti: website, link, aplikasi dan menggunakan jaringan internet. Aplikasi yang digunakan oleh Product Maintenance antara lain: tawk.to dan whatsapp untuk menjalin hubungan konsumen dengan chat secara online, instagram digunakan untuk media promosi produk baik secara gratis maupun iklan berbayar, website digunakan sebagai media pemesanan produk pemberian informasi terkait produk dalam katalog dan woocommerce digunakan sebagai aplikasi yang dapat mengontrol proses pembelian konsumen. Hal ini tidak hanya berdampak pada konsumen saja, namun juga proses internal dengan divisi lain dalam kerja. Tidak hanya itu, hambatan yang terjadi lainnya adalah ketika customer service di XYZ belum memiliki jam pelayanan yang maksimal sehingga terkadang hal ini menyebabkan adanya perubahan keinginan konsumen dalam membeli produk. XYZ sudah menggunakan beberapa media digital sebagai layanan pelanggan. Namun, dalam segala aktivitas setiap konsumenya masih harus dikelola oleh customer service yang pada akhirnya ketika terdapat banyak konsumen membeli produk, customer service menjadi sedikit kewalahan.


Keywords


Digital Marketing, Pemasaran Product, Maintenance

Full Text:

PDF

References


Darmanto, dan Wardaya, S. (2016). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: deepublish.

Haryono, B. (2018). How To Be a Professional Customer Service. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Kasmir. (2004). Pemasaran Bank. Jakarta: Kencana.

Kolter, P., dan Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran Jilid 1 Edisi 13. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., dan Amstrong, G. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Markerter, S. (2017). Pengertian Digital Marketing, Kelebihan, dan Kelemahannya. SEO Market Digital Marketing: https://seomarket.id/pengertian-digital-marketing-kelebihan-dan-kelemahannya/

Nasir, Mohamad (2018). Era Revolusi Industri 4.0, Saatnya Generasi Millenial Menjadi Dosen Masa Depan, diperoleh pada 3 Mei 2009 di: http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/01/30/era-revolusi-industri-4-0-saatnya-generasi-millenial-menjadi-dosen-masa-depan

Pangestika, W. (2018). Mengenal Konsep dan Penerapan Digital Marketing yang Harus Anda Ketahui. diperoleh pada 3 Mei 2019 dari jurnal Jurnal.id: https://www.jurnal.id/id/blog/2018-mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/

Pradiani, T. (2017). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jibeka vol 11, 46-53.

Rahayu, B. S., dan Saryanti, E. (2014). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Hubungan Pelanggan dan Citra Perusahaan terhadap Loyalitas melalui Kepuasan Nasabah. Advance Volume 1. No 2, 12.

Rosiana, T. (2012). Bauran Pemasaran Edisi 12 Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Tresnawati, dan Prasetyo. (2018). Pemetaan Konten Promosi Digital Bisnis Kuliner Kika's Catering di Media Sosial. Profesi Humas, Volume 3, 103.

Purwana ES. Dedi, Rahmi, dan Aditya S. (2017). Pemanfaatan Digital Marketing bagi Usaha Mikro Kecil, dan Menengah (UMKM) di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit. JPMM Vol.1 Np.1:1-17.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i6.1442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats