PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 NAMLEA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuatitatif yaitu penelitian dengan pendekatan yang menuntut menggunakan angka mulai pengumpulan data ,penafsiran terhadap data tersebut,serta penampilan dari hasilnya.rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di sma negeri 1 namlea.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar biologi siswa kelas x sma negeri 1 namlea. jenis penelitian adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas yang dirancang untuk menerangkan adanya hubungan sebab akibat antar variabel. populasi dalam penelitian ini berjumlah 402 siswa sma negeri 1 kecamatan namlea. sampel dalm penelitian ini berjumlah 89 siswa. teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. hasil analisis menunjukan bahwa gaya mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas x sma 1 kecamatan namlea. dilihat dari hasil perhitungan regresi linear sederhana dapat diketahui besarnya pengaruh yaitu 0.256.besarnya nilai r squarenya 0,065. sehingga dapat diketahui besarnya sumbangan relatif pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar sebesar 64,0% sedangkan 36% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Burgin. 2011. Metodologi penelitian social: format – format kuantitaif dan kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.
Hamalik O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. BumiAksara.
Handoko M. 1992. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisiu.
Kelang S. 2014. Belajar Mengajar Sebagai Sarana Untuk Memajukan Persekolahan. (Online), (http://sarichapunya.blogspot.co.id/2014/04/v-behaviorurldefaultvmlo_7.html, Diakses 29 juni 2020).
Mulyasa,E .2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi.Bandung:Remaja Rosdakarya
Nizbah Faizal. 2013. Pengertian Hasil Belajar. (Online), (http://faizalnizbah blogspot.co.id/2013/07/pengertian-hasil-belajar_22.html, Diakses 2 juni 2020).
Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sardiman,A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Grafindo
Suwarni, Eny. 2012. Hubungan Gaya Mengajar Dosen dalam Proses Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia. AL-AZHAR Indonesia Seri Humaniora. Vol. 4 Hal: 246-256.
Tosiana A. M. 2012. Hubungan Persepsi Mahasiswa Antara Cara Mengajar Dosen dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta
Wicaksono D. 2009. Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Sebagai Akibat Dari Latihan Bola Voli Terhadap Prestasi Belajar Atlet Di Sekolah. Tesis. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i5.1459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats