PENGARUH GAYA MENGAJAR GURU TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 1 NAMLEA

Syafa Lisaholit, Vivi Hentihu, M Chairul Basrun Umanailo

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuatitatif yaitu penelitian dengan pendekatan yang menuntut menggunakan angka mulai pengumpulan data ,penafsiran terhadap data tersebut,serta penampilan dari hasilnya.rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar siswa di sma negeri 1 namlea.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar biologi siswa  kelas x sma negeri 1 namlea. jenis penelitian adalah  ex-post facto yang bersifat kausalitas yang dirancang untuk menerangkan adanya hubungan sebab akibat antar variabel. populasi dalam penelitian ini berjumlah 402 siswa sma negeri 1 kecamatan  namlea. sampel dalm penelitian ini berjumlah 89 siswa. teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana. hasil analisis menunjukan bahwa gaya mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas x sma 1 kecamatan namlea. dilihat dari hasil perhitungan regresi linear sederhana dapat diketahui besarnya pengaruh  yaitu 0.256.besarnya nilai r squarenya 0,065. sehingga dapat diketahui besarnya sumbangan relatif pengaruh gaya mengajar guru terhadap hasil belajar sebesar 64,0%  sedangkan 36% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian.


Keywords


Gaya Mengajar, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Burgin. 2011. Metodologi penelitian social: format – format kuantitaif dan kualitatif. Surabaya: Airlangga University Press.

Hamalik O. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. BumiAksara.

Handoko M. 1992. Motivasi Daya Penggerak Tingkah Laku. Yogyakarta: Kanisiu.

Kelang S. 2014. Belajar Mengajar Sebagai Sarana Untuk Memajukan Persekolahan. (Online), (http://sarichapunya.blogspot.co.id/2014/04/v-behaviorurldefaultvmlo_7.html, Diakses 29 juni 2020).

Mulyasa,E .2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi.Bandung:Remaja Rosdakarya

Nizbah Faizal. 2013. Pengertian Hasil Belajar. (Online), (http://faizalnizbah blogspot.co.id/2013/07/pengertian-hasil-belajar_22.html, Diakses 2 juni 2020).

Purwanto. 2014. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Sardiman,A.M. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar.Jakarta: Grafindo

Suwarni, Eny. 2012. Hubungan Gaya Mengajar Dosen dalam Proses Pembelajaran dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Psikologi dan Pendidikan Universitas Al Azhar Indonesia. AL-AZHAR Indonesia Seri Humaniora. Vol. 4 Hal: 246-256.

Tosiana A. M. 2012. Hubungan Persepsi Mahasiswa Antara Cara Mengajar Dosen dengan Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Daerah Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Wicaksono D. 2009. Pengaruh Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Sebagai Akibat Dari Latihan Bola Voli Terhadap Prestasi Belajar Atlet Di Sekolah. Tesis. Tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i5.1459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats