PERSEPSI MASYARAKAT DALAM MENENTUKAN PILIHAN MENABUNG ANTARA BANK SYARIAH DAN BANK KONVENSIONAL DI KOTA PALU (STUDI KASUS PEDAGANG YANG BERADA DI PASAR MASOMBA)
Abstract
Bank merupakan lembaga keuangan yang fungsi utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat, penyalurkan dana kepada masyarakat, dan juga memberi pelayanan dalam bentuk jasa-jasa perbankan. Jenis bank jika dilihat dari segi atau caranya dalam menentukan harga baik harga jual maupun harga beli terbagi dalam dua kelompok yaitu bank yang berdasarkan prinsip konvensional dan bank yang berdasarkan prinsip syariah. Menurut survey yang di lakukan oleh Bank Indonesia pada tahun 2003, sepertiga penduduk Indonesia yang beragama Islam masih enggan berurusan dengan bank konvensional.Fakta ini menunjukkan bahwa hanya dengan tidak menyukai bunga bank saja mereka bisa memutuskan untuk tidak mempermudah hidupnya dengan jasa perbankan, maka seharusnya celah ini di manfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh bank syariah untuk mengisi kekosongan. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan faktor ekonomi, faktor kebudayaan, faktor sosial, dan faktor psikologis terhadap pola persepsi masyarakat dalam menentukan pilihan tempat menabungnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 90 pedagang. Uji chi square dam korelation produk moment digunakan untuk menaganalisis data penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Faktor ekonomi, kebudayaan, sosial dan psikologis dengan persepsi masyarakat dalam menentukan pilihan menabungnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Banowati, M dan Sholeh, M., 2018, Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Niat Menabung di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol 15 No 1
Drumond, Helga., 2003, Metode Penelitian Bisnis, Jilid I, Edisi kelima, Erlangga, Jakarta.
Gylan Wahyu Pratama, P. W. Agung Diponegoro, 2017, Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Keputusan Pembelian Produk Obat Herbal Di Istana Herbal Surakarta. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmiah Fakultas Ekonomi Universitas Surakarta.
Hair, Jr et.al, 2010, Multivariate Data Analysis, 7th ed, Pearson, United States
Kotler, Philip, dan Amstrong, Garry., 2005, Dasar - Dasar Pemasaran, Prenhallindo, Jakarta.
Kotler, Philip and Keller, Kevin.L., 2009, Marketing Management .13/E : Prentice Hall.
Larasati, Niken., 2015, Analisis Faktor Faktor Yang Mempengaruh Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Herbal Di Pt Citra Nusa Insan Cermelang Kediri, Skripsi Program Sarjana Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Mahmudah, A., 2006. Persepsi Mahasiswa Akuntansi terhadap Karakteristik, Users, Akuntabilitas, Aktivitas Bisnis Perbankan Syariah. Skripsi Program Sarjana Univ. Muhammadiyah, Surakarta
Prasetijo, R dan Ihalauw, J. 2005, Perilaku Konsumen, Andi Offset, Yogyakarta
Sulfitrayati. Nailufar, Fanny., 2018, Faktor-faktor Yang Mempengaruhui Keputusan Nasabah Dalam Memilih Bank Syariah. Jurnal Ihtiyath. Vol, 2. No.1. 15
Sumarwan, Ujang. 2003. Perilaku Konsumen : Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Cetakan Pertama, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Tjiptono, Fandy, 1997, Strategi Pemasaran, Andi Offset, Yogyakarta.
Young, K., 1956, Social Psychology, McGraw-Hill Publiser, New York.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i5.1476
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats