PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN PENDEKATAN PROSES MELALUI MEDIA BUKU HARIAN PESERTA DIDIK KELAS VII-5 SMPN 3 MATARAM SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Salhaini Salhaini

Abstract


Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui peningkatan hasil kemampuan menulis Surat pribadi dan peningkatan hasil belajar peserta didik  kelas VII-5 SMPN 3 Mataram  semester genap tahun pelajaran 2018/2019  melalui pembelajaran dengan  menggunakan Pendekatan keterampilan proses melalui media buku harian.Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu Peserta didik kelas VII-5 SMPN 3 Mataram  ,  Sedangkan prosedur penelitian melalui tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  kemempuan peserta  didik menulis Surat pribadi  dan hasil  belajar  Bahasa Indonesia  Peserta didik kelas VII-5 SMPN 3 Mataram   Semester genap tahun pelajaran 2018/2019 , dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses melalui media buku harian  dapat ditingkatkan dengan hasil akhir penelitian adalah,rata-rata kemampuan menulis surat pribadi dan hasil tes  pada siklus I, 71,5  dengan ketuntasan klasikal 26,7 % dan  75,2  dengan capaian klasikal  53,33   meningkat menjadi rata-rata 81,23 dengan ketuntasan klasikal 80 %   untuk kemampuan munulis  dan hasil belajar rata-ra mencapai 79,8  dengan capaian klasikal 80%   pada siklus II,  capaian kemampuan menulis Surat pribadi  dan hasil belajar peserta didik tentunya sudah mencapai dan bahkan melampaui KKM di SMPN 3 Mataram sebesar 75.  Meningkatnya kemampuan  Peserta didik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia  didukung oleh meningkatnya kegiatan guru dalam mempertahankan dan meningkatkan suasana belajar yang menggunakan pembelajaran dengan pendeketan keterampilan proses melalui media buku harian  hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kegiatan guru dimana pada siklus I diperoleh skor 3,12, menjadi 4,5 pada siklus II atau berada pada kategori meningkat dan sudah tercapai

Full Text:

PDF

References


Titik Harsiati, Agus Trianto,dkk. 2017.Bahasa Indonesia Buku guru SMP/MTs kelas VII. Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.

Titik Harsiati, Agus Trianto, dkk.2017 Buku Bahasa Indonesia Kelas 7 SMP. Pusat kurikulum dan perbukuan Balitbang kemendikbud.

Suharsimi, Arikunto, 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

http://pendidikanuntukindonesiaku2.blogspot.com/2016/02/hakikat-pembelajaran-bahasa-indonesia_18.html

https://www.abimuda.com/pengertian-surat-pribadi-beserta-ciri-dan-bagian-bagiannya/

https://www.abimuda.com/pengertian-surat-pribadi-beserta-ciri-dan-bagian-bagiannya/

https://www.referensimakalah.com/pendekatan-proses-dalam-pembelajaran.html

https://pengajar.co.id/buku-harian-adalah




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v16i8.1527

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats