PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMPN 13 MATARAM SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Indah Suprihetty

Abstract


Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk  mengetahui peningkatan  motivasi  dan hasil  belajar peserta didik setelah menerapkan Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)   pada Peserta Didik Kelas VIII A SMPN 13 Mataram Semester I Tahun  Pelajaran 2015/2016”. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A SMP Negeri 13 Mataram, yang berjumlah 44 orang. Sedangkan prosedur penelitian melalui tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  motivasi dan hasil  belajar  IPA peserta didik  kelas VIII A SMP Negeri 13 Mataram  Semester ganjil   tahun  pelajaran   2015/2016, melalui  pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)  dapat ditingkatkan dengan hasil akhir penelitian adalah motivasi belajar pada siklus I (72) dengan capaian klasikal 70, meningkat menjadi rata-rata (83),  dengan ketuntasan klasikal 86 % pada siklus II begitu pula halnya dengan  nilai hasil belajar pada siklus I (71,9) dengan capaian   klasikal 73 %  dan mengalami peningkatan yakni rata-rata 77,1 dengan capaian klasikal 91 %. Memperhatikan hasil diatas  tentunya sudah mencapai dan bahkan melampaui KKM di  SMPN 13 mataram sebesar 75.  Meningkatnya kegiatan peserta didik  dalam pembelajaran IPA  didukung oleh meningkatnya kegiatan guru dalam mempertahankan dan meningkatkan suasana belajar yang menggunakan pembelajaran melalui  pembelajaran Numbered Heads Together (NHT).


Keywords


Motivasi , Hasil Belajar Mata Pelajaran, IPA dan pembelajaran Numbered Heads Together (NHT)

Full Text:

PDF

References


Ahmad Tafsir. 2008. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Bandung:

Maestro. AG. Pringgodigdo dkk. 1993. Ensiklopedi Umum, Yogyakarta : Yayasan Kanisuius

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa Bobby

De Porter. 2003. Numbered Heads Together (NHT), Terjemahan oleh Ary Nilandari cet. XL.Bandung

Kaifa Dave Maier. 2001. Accelerated Learning (Cet.I), terjemahan oleh Astuti. Bandung :

Kaifa Depdiknas, 2006. Standar Kompetensi mata pelajaran IPA SD . Jakarta

Gordon Dryden. 2004. Revolusi Cara Belajar. Terjemahan Ari Nilandari Cet. VIII : Bandung:

Kaifa Joni , T. R. 1992. Pendekatan Cara Belajar Peserta didik Aktif. Jakarta : Universitas Terbuka

Kathy Wagone. 2004. Seni Meraih Sukses Sederhana, terjemahan oleh Arman Prayitno. Batam : Interaksara

Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:

Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara

(https://id.wikipedia.org/wiki/Model Numbered Heads Together (NHT))

https://www.google.com/search?q=kelebihan+dan+kelemahan+metode+NHT

blog’er Ulum :motivasi belajar siswa




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i2.156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats