PENERAPAN PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMPN 13 MATARAM SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah menerapkan Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada Peserta Didik Kelas VIII A SMPN 13 Mataram Semester I Tahun Pelajaran 2015/2016”. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A SMP Negeri 13 Mataram, yang berjumlah 44 orang. Sedangkan prosedur penelitian melalui tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 13 Mataram Semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016, melalui pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat ditingkatkan dengan hasil akhir penelitian adalah motivasi belajar pada siklus I (72) dengan capaian klasikal 70, meningkat menjadi rata-rata (83), dengan ketuntasan klasikal 86 % pada siklus II begitu pula halnya dengan nilai hasil belajar pada siklus I (71,9) dengan capaian klasikal 73 % dan mengalami peningkatan yakni rata-rata 77,1 dengan capaian klasikal 91 %. Memperhatikan hasil diatas tentunya sudah mencapai dan bahkan melampaui KKM di SMPN 13 mataram sebesar 75. Meningkatnya kegiatan peserta didik dalam pembelajaran IPA didukung oleh meningkatnya kegiatan guru dalam mempertahankan dan meningkatkan suasana belajar yang menggunakan pembelajaran melalui pembelajaran Numbered Heads Together (NHT).
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmad Tafsir. 2008. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Bandung:
Maestro. AG. Pringgodigdo dkk. 1993. Ensiklopedi Umum, Yogyakarta : Yayasan Kanisuius
Arsyad, Azhar. 1997. Media Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa Bobby
De Porter. 2003. Numbered Heads Together (NHT), Terjemahan oleh Ary Nilandari cet. XL.Bandung
Kaifa Dave Maier. 2001. Accelerated Learning (Cet.I), terjemahan oleh Astuti. Bandung :
Kaifa Depdiknas, 2006. Standar Kompetensi mata pelajaran IPA SD . Jakarta
Gordon Dryden. 2004. Revolusi Cara Belajar. Terjemahan Ari Nilandari Cet. VIII : Bandung:
Kaifa Joni , T. R. 1992. Pendekatan Cara Belajar Peserta didik Aktif. Jakarta : Universitas Terbuka
Kathy Wagone. 2004. Seni Meraih Sukses Sederhana, terjemahan oleh Arman Prayitno. Batam : Interaksara
Muhibbin Syah. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung:
Suharsimi Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
(https://id.wikipedia.org/wiki/Model Numbered Heads Together (NHT))
https://www.google.com/search?q=kelebihan+dan+kelemahan+metode+NHT
blog’er Ulum :motivasi belajar siswa
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i2.156
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats