KAJIAN POTENSI PARIWISATA PERKOTAAN (URBAN TOURISM) SEBAGAI DAYA TARIK WISATAKOTA MATARAM PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengkaji pariwisata perkotaan (urban tourism) sebagai sebagai daya tarik wisata di Kota Mataram. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer yaitu diperoleh melalui wawancara dan observasi di lapangan, dan data sekunder diperoleh dengan studi pustaka. Analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kualitatif. Hasil analisis yang dilakukan potensi wisata perkotaan (urban tourism) di Kota mataram yaitu: kantor gubernur nusa tenggara barat, taman sangkareang, taman udayana, taman selagalas, taman mayura, monumen bahari mataram, monumen bumi gora, museum negeri nusa tenggara barat, kawasan wisata kuliner rembiga, masjid raya hubbul wathan islamic centre, pura meru, makam bintaro, makam van ham, makan loang baloq, lombok epicentrum mall (LEM), mataram mall , transmart carrefour mataram, mataram craft centre (MCC), pasar cakranegara, arena buah cakranegara, tempat karaoke, kawasan kota tua, kawasan pantai loang baloq, pantai gading, pantai ampenan, kerajinan cukli di rungkang jangkuk kota mataram, kemilau mutiara sekarbela di kampung sekarbela. Sedangkan ketersediaan komponen produk pariwisata dalam di kota mataram telah tersedia dan memadai, seperti keberadaan terminal bus antar kota-antar provinsi, kondisi jalan yang baik, tersedianya bandara internasional serta adanya instansi pemerintah dibidang kepariwisataan yang dapat mengelola dan mengembangkan daya tarik wisata di Kota Mataram. Berdasarkan hasil tersebut, pemerintah daerah dan swasta dapat bersinergi dalam membangun pariwisata perkotaan di kota mataram. Selain itu kepada pengelola daya tarik wisata dapat memberikan edukasi kepada pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan tempat yang dikunjungi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
BPS Lombok Barat. 2016. Kabupaten Lombok Barat Dalam Angka 2016. Lombok Barat: CV. Maharani.
Cooper, Chris. Dkk. 1993. Tourism Principles & Practice. England: Longman Group.
Dinas Pariwisata Kota Mataram. 2017. Angka Kunjungan Wisatawan Kota Mataram Perbulan Tahun 2016. Tersedia Pada: http://dispar.mataramkota.go.id/detail/post/98.Diakses Tanggal: 2/06/2017.
Pratiwi, Tika Putri. 2014. Strategi Peningkatan Pendapatan Asli Daerah, Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi Kota Semarang Melalui MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition). Economics Development Analysis Journal. Vol. 3, No. 1, Page 39-54.
Prijadi, Rachmat dkk. 2014. Pengaruh Permukaan Jalur Pedestrian Terhadap Kepuasan dan Kenyaman Pejalan Kaki di Pusat Kota Manado. Jurnal Media Matrasain. Vol. 11, No. 1, Page 43-54.
Priono, Yesser. 2012. Identifikasi Produk Wisata Pariwisata Kota (Urban Torism) Kota Pangkalan Bun Sebagai Urban Heritage Tourism. Jurnal Perspektif Arsitektur. Vol.7, No. 2, Page 72-84.
Tondobala, Linda. 2012. Kelayakan Pusat Kota Manado Sebagai Destinasi Pariwisata. Jurnal Media Matrasain. Vol.9, No.3, Page 83.
Trigantiarsyah, Rela dan Mulyadi, Hari. 2012. Pengembangan Produk Wisata Dengan Menggunakan Teknik Tourism Opportunity Spectrum Terhadap Keputusan Berkunjung. Tourism and Hospitality Essentials (THE) Journal, Vol.2, No.1, page 157.
Wardhani, Apriliana Dyah. 2012. Evolusi Aktual Aktivitas Urban Tourism di Kota Bandung dan Dampaknya Terhadap Pembentukan Tempat-Tempat Rekreasi. Jurnal Pembangunan Wilayah dan Kota. Vol. 8, No. 4, Page 371-382.
Yoeti, Oka A. 2002. Perencanaan Strategi Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: Pradnya Paramita.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i2.158
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats