PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) PADA PESERTA DIDIK KELAS IX-F SMP NEGERI 10 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2018-2019

Nurwahida Nurwahida

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan  motivasi  hasil  belajar   keterampilan dan pengetahuan pesert a didik setelah menerapkan  metode pembelajaran Berbasis masalah  pada bidang study IPS pada kelas IX F semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019di SMPN 10Mataram. Manfaat penelitian ini adalah meningkatkan keterampilandan  motivasi peserta   didik untuk mengidentifikasi dan menyelesaikan  masalah ,sekaligus dapat meningkakan kerjasama untuk menyelesaikan masalah  dalam pelajaran, IPS di kelas IX F  SMPN 10 Mataram dan bagi guru  diharapkan penelitian ini dapat menambah pengetahuan dan keterampilanseorang guru, dalam menerapkan berbagai model dan pendekatan pembelajaran di kelas, sebagai upaya ilmiah untuk meningkatkan pengembangan keprofesional keberkelanjutan (PKB) b`agi guru – guru IPS. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus , masing-masing siklus kegiatannya adalah ; perencanaan,pelaksanaan, observasi, dan  refleksi. Hasil akhir tindakan pada siklus II menunjukkan bahwa hasil akhir observasi guru rata-rata (86.74), Nilai motivasi belajar rata-rata 77 dengan motivasi klasikal 97,1 dengan nilai keterampilan  78,01 dengan ketuntasan klasikal 100 %,  hasil belajar pengetahuan (77).  Dengan ketuntasan klasikal 97,1 % , Hasil tersebut sudah melampaui indikator keberhasilan yaitu  ( ≥ 71 ) untuk ubservasi guru, )  dan KKM  ( ≥ 75) untuk hasil belajar keterampiln dan pengetahuan. Karena indikator keberhasilan telah tecapai maka peneltian dicukupkan pada siklus II

Keywords


Motivasi, Hasil Belajar Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM)

Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas RI,2004.Undang Undang No 20 tentang sistem pendidikan nasional ( SISDIKNAS ) Jakarta : Depdiknas.

___________. 2006. Kurikulum 2006. Jakarta : Depdiknas

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati, dan Mudjiono. 1994. Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta : Proyek Pembinaan dan Peningkatan Mutu Tenaga Kependidikan Depdikbud.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT Bumi Aksara. Kanginan, Marthen. 2004. Sains Fisika SMP untuk kelas VIII semester 2. Jakarta:Erlangga.

Iwan Setiawan,dkk 2018 Buku guru IPS Kelas IX,Kementerian Pendidikan dan kebudayaan Repoblik Indonesia

Mulyasa.2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep; Karakteristik dan Implementasi. Bandung : P.T. Remaja Rosdakarya.

Nasution S., 2001. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Bina Aksara. Jakarta.

Slameto.1995, "Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mepengaruhinya", Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

blog’er Ulum :Motivasi belajar siswa

(https://id.wikipedia.org/wiki/Model Pembelajaran PBM)

https://notepam.com/teks-Teks Eksposisi/




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i8.226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats