PERSEPSI DAN MINAT PERILAKU WISATAWAN : KAMPUNG KERIPIK DAN TEMPE SANAN SEBAGAI TUJUAN WISATA OLEH OLEH KHAS KOTA MALANG
Abstract
Industri Keripik dan Tempe Sanan sudah berdiri sejak lama yaitu sejak tahun 1960-an. Keberadaan Kampung Keripik dan Tempe Sanan sebagai pusat oleh-oleh khas Kota Malang, sudah banyak diketahui oleh warga Malang Raya. Namun saat ini banyak sekali kompetitor baru sebagai tujuan wisata oleh-oleh khas Kota Malang bermunculan yang bisa menjadi ancaman bagi keberadaan Kampung Keripik dan Tempe Sanan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji sikap, norma subjektif dan persepsi kontrol perilaku terhadap minat perilaku wisatawan berkunjung ke Kampung Keripik dan Tempe Sanan dengan pendekatan model Theory of Planned Behavior (TPB) oleh Ajzen (2005). Penelitian ini menggunakan metode survei dalam pengambilan data. Tipe penelitian menggunakan explanatory research. Sampel penelitian ini adalah wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang (Indonesia) yang pernah mengunjungi Kampung Keripik dan Tempe Sanan. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi paguyuban Kampung Keripik dan Tempe Sanan untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan kawasan tujuan wisata oleh-oleh khas kota Malang. Selanjutnya dapat memberikan kontribusi bagi pemerintah daerah dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan menjadikan Kampung Keripik dan Tempe Sanan sebagai destinasi wisata oleh-oleh utama di Kota Malang
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ajzen, I. & Fishbein, M. (Eds.). (1980). Understanding Attitudesand Predicting Social Behavior. Englewood Cliffs: Prentice-Hall Inc.
Ajzen I (1991). The Theory of Planned Behavior. Organ. Behav. Hum. Decis., 50(2): 179-21
Ajzen, I., 2002, Perceived Behavioral Control, Self-Efficacy, Locus of Control, and theTheory of Planned Behavior, Journal of Applied Social Psychology, Vol. 32 (4), 665-683.
Ananggadipa, S. (2012). Studi Empiris Pada Penggunaan Aplikasi Pajak: Integrasi Theory of Planned Behavior dan Technology Acceptance Model. Skripsi, Universitas Diponegoro, Semarang.
Asdhiana, I Made. (2018). Kota Malang dikunjungi 15.034 Wisman dan 4,8 juta Wisnu. https://travel.kompas.com/read/2019/01/01/090200527/2018 diakses 11 Juli 2019.
Besra, Eri. (2012). Potensi Wisata Kuliner dalam Mendukung Pariwisata di Kota Padang. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis. Vol.12 No.1
Jalilvand, Muhammad Reza and Neda Samiei. (2012). “The Impact of Electronic Word of Mouth on A Tourism Destination Choice: Testing The Theory of Planned Behavior”. Journal of Internet Research, Vol. 22 No. 5, pp. 591-612.
Jehane, P.T., Soeprihanto, John dan Damanik, Janianton. 2019. Penerapan Teori Planned Behavior dalam Memprediksi Intensi Berkunjung di Obyek Wisata Pasar Malam, Kota Kupang. Jurnal Tourism. Vol.2 No.1.
Jogiyanto, H.M. (2007). Sistem Informasi Keperilakuan Edisi Revisi. Yogyakarta: ANDI.
Kusuma, Erni. (2018). Tempe Sanan Angkat Kota Malang. https://www.kompasnia.com/nykmlg. Diakses 11 juli 2019
Meider. 1958. Definisi Persepsi. smart pustaka.blogspot.com/2011/02/. diakses 10 Juli 2019
Ryu, K., Han., H., and Kim, T.H., (2008). “The Relationships Among Overall Quick-Casual Restoran Image, Perceived Value, Customer Satisfaction, and Behavioral Intentions”, International Journal of Hospitality Management, Vol. 27, pp. 459-469
Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Taylor, S. & Todd, P. A. (1995). Understanding Information Technology Usage: A Test of Competing Models. journal Information System Research, 6, 144-176
Tsung Lu, C., Yan huang, s., & Yen lo, P. (2010). An Empirical Study of Online Tax Filling Acceptance Model: Integrating TAM and TPB. African Journal of Business Managemen, 4, 800-810.
Walgito, Bimo. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Andi.
Waidi. (2006). The Art of Re-engineering Your Mind for Success. Jakarta: Gramedia
Wolberg. (1967). Definisi Persepsi. http://smartpustaka.blogspot.com//2011/02/perseps i.html, diakses 9 Juli 2019
Wu, Kun-Shan and Teng, Yi-Man. (2011). Applying the extended theory of planned behavior to predict the intention of visiting a green hotel. African Journal of Business Management Vol. 5(17), pp. 7579-7587.
Young, (1956). Definisi Persepsi. [Online]. Tersedia: http://smartpustaka.blogspot.com//2011/02/perseps i.html, Diakses 10 Juli 2019
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.317
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats