RUPA PARIWISATA INDONESIA DALAM DUNIA MAYA STUDI SEDERHANA PEMANFAATAN INSTAGRAM OLEH KEMENTERIAN PARIWISATA REPUBLIK INDONESIA

Aulia Luqman Aziz, Detha Alfrian Fajri

Abstract


Sebagai salah satu media sosial dengan jumlah pengguna yang semakin meningkat di Indonesia, pelaku bisnis tentu tak boleh ketinggalan dalam memanfaatkan Instagram sebagai salah satu media pengenalan produknya, termasuk produk pariwisata. Tulisan ini menyampaikan sebuah hasil observasi sederhana tentang pemanfaatan Instagram dalam perkenalan destinasi wisata di Indonesia melalui akun @indtravel yang dikelola secara resmi oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia. Di akhir tulisan, beberapa saran akan disampaikan kepada pengelola akun tersebut dalam semangat meningkatkan kesadaran merek (brand awareness) pariwisata Indonesia kepada masyarakat global

Keywords


Instagram, Kesadaran Merek, Pariwisata & Indonesia

Full Text:

PDF

References


Atmoko BD. 2012. Instagram Handbook. Jakarta (ID): Mediakita. 35 Faria WL, Elliot S. 2012. Understanding the role of social media in destination marketing. An International Journal of Economics and Finance. 6(1):129- 137.

Edwards, M. 2014. Why Should I Hire Someone to Handle My Social Marketing? Social Media Today. Diambil dari https://www.socialmediatoday.com/content/why-should-i-hire-someone-handle-my-social-marketing pada 10 Juli 2019.

Erin. n.d. How Should You Post on Instagram in 2019? SocialBuddy. Diambil dari https://socialbuddy.com/how-often-should-you-post-on-instagram/ pada 10 Juli 2019.

Grice, H.P. 1975. Logic and Conversation. In Syntax and Semantics, Vol. 3, Speech Acts, ed. by Peter Cole and Jerry L. Morgan. New York: Academic Press.

Harris, S. 2013. 8 Surprising New Instagram Statistics to Get the Most out of the Picture Social Network. Buffer.Diambil dari https://buffer.com/resources/instagram-stats-instagram-tips, pada 10 Juli 2019.

“Infografis Penetrasi dan Pengguna Internet di Indonesia”. 2018. Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII). Jakarta: Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia.

“Memaksimalkan Penggunaan Media Sosial dalam Lembaga Pemerintah”. 2018. Dirjen IKP Kementerian Komunikasi dan Informatika. Jakarta: Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Miles, J.G. 2014. Instagram Power.US: McGraw-Hill Education.

Narayanan, C. 2015. Instagram for Business Gets FB ‘Poke’. The Hindu Business Line. Diambil dari https://www.thehindubusinessline.com/info-tech/social-media/instagram-for-business-gets-fb-poke/article7891926.ece, pada 10 Juli 2019.

OECD. 2018. OECD Economic Survey: Indonesia.NY: OECD.

Putri, Y.E. 2018. Pengaruh Akun Instagram Indtravel Sebagai Media Promosi Pariwisata Indonesia Terhadap Minat Travelling.Skripsi Tidak Diterbitkan. Bogor: Institut Pertanian Bogor.

Rohmadi, A. 2016. Tips produktif bersosial media. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats