PENGARUH HARGA DAN FASILITAS TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG WISATAWAN DI TAMAN IMPIAN JAYA ANCOL JAKARTA DENGAN METODE STRUCTURAL EQUATION MODELING

Imam Ardiansyah

Abstract


Impian Jaya Ancol atau biasa disebut Ancol adalah kawasan wisata terpadu yang dikembangkan oleh PT. Pembangunan Jaya Ancol Tbk yang menyediakan banyak pilihan bagi masyarakat untuk berekreasi. Dalam upaya peningkatan keuntungan dalam kelangsungan usaha, objek wisata Ancol  harus menetapkan strategi yang tepat dan memahami apa yang menjadi kebutuhan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh Harga dan Fasilitas terhadap Keputusan Berkunjung. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksplanatory dimana jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif dan kausal. Responden penelitian adalah 100 pengunjung Taman Impian Jaya Ancol. Instrumen penelitian berupa kuesioner terstruktur melalui Model Skala Likert. Metode analisis dalam penelitian ini adalah structural equation modeling (SEM) dengan menggunakan Lisrel 8.54.  Hasil penelitian menunjukkan Hipotesis H1 terbukti diterima karena t-value 4.24  (tingkat keyakinan 95%) > 1.96 dengan nilai estimasi 0.79 yang berarti terdapat hubungan signifikan antara variabel harga dan fasilitas terantisipasi positif, H2 ditolak karena t-value yaitu 1,15 (tingkat keyakinan 95%) < 1.96. Penolakan H2  berarti menunjukkan adanya hubungan yang tidak signifikan antara variabel fasilitas dan keputusan berkunjung walaupun nilai koefisien fasilitas terhadap  keputusan kunjungan  terantisipasi positif menunjukkan 0.23 signifikan, hipotesis H3 yang menyatakan adanya hubungan positif antar variabel harga dan keputusan kunjungan (H3) terbukti diterima karena nilai t-value yaitu 2.01 > 1.96 (tingkat keyakinan 95%) dengan nilai koefisien estimasinya adalah 0.47. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan kunjungan di Taman Impian Jaya Ancol sedangkan variabel fasilitas menunjukkan  hubungan yang tidak signifikan antara variabel keputusan kunjungan walapun secara nilai koefisien estimasi adalah positif.


Keywords


Harga, Fasilitas, Keputusan Berkunjung & Structural Equation Model

Full Text:

PDF

References


Buchori, A. (2005). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Ferdinand, A. (2002). Structural Equation Modelling Dalam Peneltian Manajemen. Jakarta: Pustaka Kunci.

Fitriyana et al. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Dan Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Online Shop Menggunakan Structural Equation Modeling. Jurnal Gaussian, 98-108.

Hair. (2010). Multivariate Data Analysis. Pearson.

Hair et al. (1998). Multivariate Data Analysis. New Jersey: Prentice Hall.

Harahap, S. (2016). Manajemen Pemasaran Pendekatan Interaktif. Medan: Fakultas Ekonomi dan Bisnus UIN Sumatra Utara.

Kiswanto, A. H. (2017). Pengaruh Harga, Lokasi dan Fasilitas terhadap keputusan berkunjung wisatawan di Objek Wisata Dampo Awang Beach Rembang. Jurnal Administrasi Bisnis.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2005). Prinsip-Prinsip Pemasaran jilid I. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Dasar-Dasar Pemasaran, Edisi kedua belas. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran; Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Lamb, D., & Hair. (2012). Manajemen Pemasaran . Jakarta: Salemba Empat.

Malhotra, N. (2009). Riset Pemasaran. Jakarta: PT Macanan Jaya Cemerlang.

Moses , Y. (2015). Pengantar Bisnis Cetakan Pertama. Medan: Perdana Publishing.

Simamora, B. (2004). Riset Pemasaran: Falsafah, Teori, dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sucipto, H., & Andayani, F. (2014). Wisata Syariah Karakter, Potensi, Prospek dan Tantangannya. Jakarta: Grafindo.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumayang, L. (2003). Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Swasta, B., & Handoko, H. (2000). Manajemen Pemasaran Analisa Perilaku Konsumen. Yogyakarta: BPFE.

Tjiptono, F. (2002). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjitptono, F. (2002). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats