GEMBANGAN MODEL APLIKASI FORMAL HULL DALAM PEMBELAJARAN PIDATO DI SMA NEGERI 2 MATARAM
Abstract
Penelitian ini berjudul Pengembangan Model Aplikasi Formal Hull Dalam Pembelajaran Pidato Di SMA Negeri 2 Mataram. Masalah yang ingin dikaji di dalam penelitian ini: apakah pengembangan model aplikasi formal Hull dalam pembelajaran pidato dapat meningkatkan keterampilan pidato siswa SMA Negeri 2 Mataram. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan tingkat keterampilan pidato siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran pengembangan model aplikasi formal Hull dan tingkat keterampilan pidato siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran model konvesional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Data penelitian diperoleh dari hasil belajar mengajar berupa kemampuan siswa dalam pidato berdasarkan hasil tes tulis dan tes praktik setelah pengajaran berlangsung. Data dianalisis dengan menggunakan deskriptif-analitis antara nilai hasil tes dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM). Hipotesis diuji dengan uji t rata-rata berpasangan. Berdasarkan hasil analisis data, menunjukkan bahwa seluruh siswa kelas eksperimen dan siswa kelas kontrol sudah mencapai ketuntasan belajar dalam pidato (nilai hasil tes melebihi nilai KKM). Rata-rata nilai pidato siswa kelas eksperimen hasil tes 89,05 dan rata-rata nilai pidato siswa kelas kontrol hasil tes 81,15, sedangkan KKM pidato 75. Dari hasil pengujian dua rata-rata berpasangan menggunakan rumus uji t diperoleh angka sebesar 29,518. Dengan nilai t hitung sebesar 29,518 yang berarti lebih besar dari nilai t tabel sebesar 1,96, maka ada perbedaan perbedaan yang nyata (signifikan)dalam kaitan antara metode pembelajaran model konvesional dan metode pembelajaran pengembangan model aplikasi formal Hull. Secara konkrit dapat dijelaskan bahwa metode pembelajaran pengembangan model aplikasi formal Hull dapat meningkatkan keterampilan pidato siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani, 2009. Bahasa Indonesia. Surakarta: Mata Padi Precindo
Anwar, Gentasri, 2003. Teknik dan Seni Berpidato. Rineka Cipta, Jakarta.
Hadinegoro, Luqman, 2009. Teknik dan Seni Berpidato Muktahir (Dalam Teori dan Prakiek). Absolut, Yogyakarta.
Hery Guntur Tarigan, 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbicara. Bandung Angkasa.
Mahsun, 2005. Metode Penelitian Bahasa. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.
Maryanto, Bambang,. Contoh-contoh MC Dan Pidato. Apollo, Surabaya
Tarigan, Hery Guntur, 2008. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbicara. Bandung Angkasa.
Wiyanto, Asul, 2001. Terampil Pidato. PT Grasindo, Jakarta.
Zulaeha, Ida, dkk. Pengembangan Model Pembelajaran Mikro Inovatif Bagi Peningkatan Kompetensi Pendagogik Calon Guru Bahasa Indonesia.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i7.35
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats