ALGORITMA GENERALIZED REDUCED GRADIENT BERBASIS MARKOV-SWITCHING MODEL UNTUK OPTIMISASI PORTOFOLIO SAHAM PERBANKAN DI INDONESIA

Denny Nurdiansyah, Alif Yuanita Kartini

Abstract


Optimisasi  portofolio pada dasarnya menggunakan model Markowitz dalam menghasilkan portofolio yang efisien, namun portofolio yang terbentuk tidak baik ketika return saham memiliki perubahan regime, seperti pada periode ‘bear’ and ‘bull’ market. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan optimisasi portofolio dengan mempertimbangkan kasus perubahan regime, serta menerapkannya pada data runtun waktu yang memiliki perubahan regime dalam rangka pembentukan portofolio yang lebih efisien. Metode yang digunakan adalah algoritma generalized reduced gradient (GRG) berbasis Markov-switching model (MSwM). Pada penulisan ini akan dihasilkan algoritma pemrograman dalam software R untuk membuat paket program GRG berbasis MSwM yang akan digunakan untuk optimisasi portofolio pada kasus perubahan regime. Kinerja portofolio yang terbentuk dievaluasi dengan pengukuran risiko yaitu standar deviasi. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berisi saham-saham perbankan dari enam saham terpilih yang aktif di IDX Bursa Efek Indonesia pada tahun 2013-2018, yaitu: saham BRI, BNI, BTN, Bank Mandiri, BCA, dan Bank Danamon. Hasil diperoleh algoritma pemrograman untuk program GRG berbasis MSwM untuk optimisasi portofolio pada kasus perubahan regime, serta diperoleh portofolio saham perbankan yang optimal untuk tiga kriteria investor. Pada penelitian ini, portofolio terbaik jatuh pada kriteria investor yaitu meminimalkan risiko pada ekspektasi return tertentu. Penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa algoritma GRG berbasis MSwM menghasilkan bobot portofolio berdasarkan fenomena “bull” and “bear” market, sehingga bobot portofolio yang terbentuk lebih realistis didalam pasar modal.

Keywords


Portofolio Saham, Model Markowitz, Markov-Switching Model, Algoritma Generalized Reduced Gradient, Value-at-Risk

Full Text:

PDF

References


F. Ariany, H. Kuswanto, dan Suhartono, “Estimasi Value at Risk pada Portofolio Nilai Tukar Mata Uang dengan Pendekatan Copula,” Jurnal Sains dan Seni ITS, Vol. 1, No. 1(2012, Sep) 265-270.

E.Y. Astuti, “Implementasi Bayesian Markov Chain Monte Carlo pada Pemodelan Portofolio Optimal dengan Pendekatan Model Mixture dari Beberapa Mixture,” M.S.thesis, Dept.Statistika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Indonesia (2006).

S. Benninga, Financial Modeling (3rd Edition), London: The MIT Press (2008).

L.D. Booth dan W.S. Cleary, Introduction to Corporate Finance, Canada: John Wiley and Sons (2010).

G.E.P. Box dan G.M. Jenkins, Time Series Analysis: Forecasting and Control, Califonia: Holden-Day(1976).

P.H. Franses dan D.V. Dijk, Non-linier Time Seres Model in Empirical Finance, New York: Cambridge University Press (2000).

M.A. Hadiyat, “Pemodelan Markov Switching GARCH: Penerapan pada Return Index Dowjones,” M.S.thesis, Dept.Statistika, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Indonesia (2007).

J.D. Hamilton, “A New Approach to the Economic Analysis of Nonstationary Time Series Subject to Changes in Regime”. Econometrica, Vol. 57, No. 2 (1989, Mar) 357-384.

J.D. Hamilton, “Analysis of Time Series Subject to Changes in Regime,” Econometrica, Vol. 45, No. 1-2 (1990) 39-70.

J.D. Hamilton, Time Seres Analysis. New Jersey: Princeton University Press (1994).

Pemerintah Republik Indonesia, “Undang-undang Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 1995 Tentang Pasar Modal,” Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1995 Nomor 8, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3608 (1995).

H.M. Markowitz, “Portfolio Selection,” Journal of Finance, Vol. 7, No. 1 (1952) 77-91.

P. Jorion, Value at Risk - The New Benchmark for Managing Financial Risk (3rd Edition), New York: The McGraw-Hill Companies (2007).

L.S. Lasdon, A.D. Waren, A. Jain, dan M. Ratner, “Design and Testing of a Generalized Reduced Gradient Code for Nonlinear Programming,” ACM Transactions on Mathematical Software, Vol. 4, No. 1 (1978, Mar) 34-50.

A. Ravindran, K.M. Ragsdell, dan G.V. Reklaitis, Engineering Optimization: Methods and Applications (2nd Edition), New Jersey: John Wiley & Sons (2006).

R.A. Sartono dan A.A. Setiawan, “VaR Portfolio Optimal: Perbandingan antara Metode Markowitz dan Mean Absolute Deviation,” Jurnal Siasat Bisnis, Vol. 1, No. 1 (2006) 37-50.

I. Seidl, “Markowitz Versus Regime Switching: An Empirical Approach,” The Review of Finance and Banking, Vol. 4, No. 1 (2012) 33-43.

S. Yuniarti, “Pembentukan Portofolio Optimal Saham-saham Perbankan dengan Menggunakan Model Indeks Tunggal,” Jurnal Keuangan dan Perbankan, Vol. 14, No. 3 (2010) 459-466.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i2.369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats