PENINGKATAN HASIL BELAJAR BIDANG STUDY IPS MELALUI PEMBELAJARAN MODEL STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) PADA PESERTA DIDIK KELAS VII-4 SMP NEGERI 3 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VII-4 SMPN 3 Mataram semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018 melalui pembelajaran model STAD. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII.-6 SMP Negeri 3 Mataram, yang berjumlah 26 orang, terdiri dari 13 perempuan dan 13 laki-laki. Sedangkan prosedur penelitian melalui tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa kelas VII-4 SMP Negeri 3 Mataram Semester ganjil tahun pelajaran 2017/2018, dengan menggunakan model STAD dapat ditingkatkan dengan hasil akhir penelitian adalah nilai pengetahuan,rata-rata kelas sebelum tindakan 58.5 atau ketuntasan klasikal 50,%, menjadi 72 dengan ketuntasan klasikal 50 % pada siklus I, meningkat menjadi rata-rata 80 dengan ketuntasan klasikal 85,00% pada siklus II begitu pula halnya dengan nilai ketrampilan, nilai rata-rat sebelum tindakan adalah 72 dengan ketuntasan klasikal20 % dan mengalami peningkatan yakni rata-rata unjuk kerja dan produk masing-masing 72, dan 75 dengan ketuntasan klasikal 50% dan 58% pada siklus I meningkat pula pada siklus II dengan rata-rata nilai ketrampilan unjuk kerja dan produk masing-masing 78 dan 80 dengan capai klasikal masing-masing 81% dan 85%., capaian hasil belajar peserta didik baik dari aspek ketrampilan maupun aspek pengetahuan tentunya sudah mencapai dan bahkan melampaui KKM di SMPN 3 mataram sebesar 75. Meningkatnya kegiatan siswa dalam pembelajaran IPS didukung oleh meningkatnya kegiatan guru dalam mempertahankan dan meningkatkan suasana belajar yang menggunakan pembelajaran model STAD hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kegiatan guru dimana pada siklus I diperoleh skor 3,19, menjadi 4,24 pada siklus II atau berada pada kategori sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arif Sardiman. (2003). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Al Muchtar, S. (2002). Analisis Pembaharuan Kurikulum Pendidikan IPS. Makalah pada Seminar Nasional dan Musda I HISPISI Jawa Barat, UPI Bandung, 31 Oktober 2002.
Awan Mutakin (1998) Model Pembelajaran IPS. Jakarta: P3MTK-Ditjen Dikti.
Encos Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Muhaimin. (2004). Paradigma Pendidikan Islam. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nana Sudjana. (2000). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-faktor Yang Menpengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Zainal Aqib. (2007). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: AYrama Widya.
Zakiah Drajat. (2004). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
(https://id.wikipedia.org/wiki/ Pembelajaran model STAD)
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i7.37
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats