PENGARUH PAJAK, KEPEMILIAKN ASING, SPESIALISASI KEAHLIAN AUDITOR PAJAK, UKURAN PERUSAHAAN, GROSS PROFIT MARGIN TERHADAP KEPUTUSAN UNTUK MELAKUKAN TRANSFER PRAICING

Azwar Halil, Titiek Herawati, Hermanto Hermanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh pajak, Kepemilikan Asing, Spesialisasi Keahlian Auditor pajak, Ukuran Perusahaan, Gross Profit margin Terhadap keputusan untuk melakukan transfer praicing, pajak diukur menggunakan ETR (cash effective tax rate), kepemilikan asing diukur dengan menggunakan proksi prosentase kepemilikan asing sebesar 20 % atau lebih, Spesialis keahlian auditor pajak diukur dengan variabel dummy dimana nilai "1" diberikan KAP memiliki market share pajak sama dengan atau lebih dari 30% dan nilai 0 jika sebaliknya.gross profit margin diukur dengan membandingkan laba usaha yang terjadi setelah dilakukan harga penjualan dikurangi harga pokok pembelian. Populasi pada penelitian ini adalah sebanyak 50 perusahaan manufaktur yang terdaftar pada BEI pada tahun 2012 – 2016 yang berseumber dari www.idx.co.id. Hipotesis  dalam penelitian ini diuji menggunakan analisis linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable pajak berpengaruh positif terhadap transfer praicing, kepemilikan asing berpengaruh positif terhadap transfer praicing, keahlian spesialis auditor pajak berpengaruh signifikan terhadap transfer praicing, ukuran perusahaan berpengaruh negative terhadap transfer praicing, gross profit margin berpengaruh negative terhadap transfer praicing

Keywords


Pajak, Kepemilikan Asing, Spesialisasi Keahlian Auditor Pajak, Ukuran Perusahaan & Transfer Praicing

Full Text:

PDF

References


Anggraini, Ririn Dwi, 2011.Pengaruh Kepemilikan Institusional dan Kepemilikan Asing Terhadap Pengungkapan Pertanggung Jawaban Sosial Perusahaan Dalam Annual Report, Skripsi, diakses dari http://eprints.undip.ac.id pada tanggal 19 Juni 2014.

Anonim. 2009. Undang-undang Nomor 6 Tabun 1983 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Undang-undang Nomor 16 Tahun 2009 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan.

Anonim. 2011. Peraturan Direktur Jendral Pajak Nomor PER: 43/PJ/2010 sebagaimana telah diubah terakhir dengan Peraturan Direktur Jendral Pajak Nomor PER: 32/PJ/2011 tentang Penerapan Prinsip Kewajarandan Kelaziman Usaha dalam Transaksi antara Wajib Pajak dengan Pihak yang Mempunyai Hubungan Istimewa.

Balsam, S., J. Krishnan, and J. Yang. 2003. Auditor industri specialization and earnings quality. Auditing: A Journal of Practice and Theory 22: 71-97.

Blaylock, B., T. Shevlin, and R. Wilson. 2009. Tax avoidance, large positive book-tax differences, and earnings persistence. Working paper, University of Washington.

Colgan, P. Mc. 2001. "Agency Theory and Corporate Governance: A Review of the Literature From a UK Perspective". Working paper.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS.Semarang: BP Undip.

Gleason, C. and L. Mills, 2007. Do auditor-provided tax services improve the estimate of tax expense.Working paper, University of Iowa and University of Texas.

Gut, F., S. Fung, and B. Jaggi. 2009. Earnings quality: Some evidence on the role of auditor tenure and auditors' industri expertise. Journal of Accounting and Economics 47:265-287.

Peraturan Direktur Jenderal Pajak Nomor PER-32/PJ/2011 tentang Penerapan Prinsip Kewajaran dan Kelaziman Usaha dalam Transaksi Antara Wajib Pajak dengan Pihak yang Mempunyai Hubungan Istimewa.

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) Nomor 7 tentang Pengungkapan Pihak-Pihak yang Mempunyai Hubungan Istimewa.

Sudarmaji, Ardi Murdoko dan Lana Sularto, 2009. Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Tipe Kepemilikan Perusahaan Terhadap Luas Voluntary Disclosure Laporan Keuangan Tahunan, Skripsi, diakses dari http://ejoumal.gunadarma.ac.id pada tanggal 20 Maret 2014.

Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2008 tentang Pajak Penghasilan.

Yuniasih, Ni Wayan, Ni Ketut Rasmini dan Made Gede Wirakusuma, 2011, Pengaruh Pajak dan Tunneling Incentive Pada Keputusan Transfer Pricing Perusahaan Manufaktur Yang Listing Di Bursa Efek Indonesia, Skripsi, diakses dari http://ojs.unud.ac.id pada tanggal 28 Maret 2014.

Watt,Ross Jerold L.Zimmerman(1986). Positive Accounting Theory, PrenticeHall,Inc, Englewood Cliffs, New Jersey.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i3.378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats