PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TPS (THINK PAIR SHARE) MENGGUNAKAN ALAT PERAGA SEDERHANA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS IX SMPN 3 PUJUT KABUPATEN LOMBOK TENGAH PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI POKOK LISTRIK STATIS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Sartana Sartana

Abstract


Penelitian ini untuk menjelaskan Bagaimana Penerapan Model Pembelajaran TPS (Think, Pair, Share) dan Bagaimanakah Penguasaan Konsep Menggunakan Alat Peraga Sederhana Peserta Didik Kelas IX SMPN 3 Pujut semester gasal tahun pelajaran 2015/2016 pada Mata Pelajaran IPA Materi Pokok Listrik Statis. Penelitian ini merupakan tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode Pengumpulan data dilakukan dengan metode: wawancara, observasi, diskusi dan tes evaluasi. Data hasil pengamatan nilai diskusi dan nilai evaluasi diolah dengan analisis deskriptif untuk menggambarkan keadaan peningkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan pada hasil tes penguasaan konsep pada aspek kognitif peserta didik yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Pada Siklus I nilai rata-rata siswa yaitu 67,42 dengan ketuntasan klasikal 73,81% atau 21 siswa. Siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata siswa 72,93 dan ketuntasan klasikal 85,70% atau 25 siswa. 2) Hambatan pengunaan metode TPS yaitu sikap pasif peserta didik serta bergantung pada orang lain dalam proses pembelajaran dan keterbatasan fasilitas pembelajaran seperti sumber belajar dan alat peraga pembelajaran yang tersedia.

Keywords


TPS, Listrik Statis, Tindakan Kelas

Full Text:

PDF

References


Agustina, Liza, “ Pemanfaatan Barang Bekas Sebagai Alat Peraga Pembelajaran” http :// search?alat+peraga+sederhana&hl=id. 2008.Php.

A, Pius, Partanto dan M. Al Barry, Dahlan, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya:Arloka, 1994

Arikunto, Suharsimi, Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta:Bumi Aksara, 2007

Bahri, Syaiful, Djamarah dan Zain, Aswan, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:Rineka Cipta, 2006

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta:Depdikbud, 1994

Hamalik, Oemar, Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Jakarta:Bumi Aksara, 2003

E. Mulyasa, Praktik Penelitian Tindakan Kelas;Menciptakan Perbaikan Berkesinambungan, Bandung:PT Remaja Rosdakaraya, 2009

Hirose, Akira dan Lonngren, Karl. E, Introduction To Wave Phenomena, Canada:A Wiley Interscience Publication, 1984

Isaacs, Alan Kamus Len gkap Fisika, Jakarta:Erlangga

Jihad, Asep, dan Haris, Abdul, Evaluasi Pembelajaran, Yogyakarta:Multi Pressindo, 2009

Nurdin, Peningkatan Penguasaan Rumus Matematika melalui Pemberian Latihan Soal Bervariasi pada Siswa Kelas II-7 SMU Negeri 1 Makassar

Sanjaya, Wina, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta:Kencana Prenada Media Grup, 2007

Penelitian , Norma, Dian, Aprilia , Pembiasaan Penggunaan System Internasional Untuk Satuan Sebagai Upaya Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Siswa Kelas VII SMP N IV Juwana, Semarang:UNNES, 2007

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung:Sinar baru Algensindo, 2009

Triyanto, Model – Model Pembelaran Inovatif BerorientasiKonstruktivisti;Konsep Landasan Teoritis – Praktis dan Implementasinya, Jakarta:Prestasi Pustaka Publisher, 2007

Uzer, Moh. Usman, Menjadi Guru Professional, Bandung:Remaja Rosdakarya, 2000




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i8.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats