PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI DENGAN PENERAPAN TEKNIK DRILL KELAS IV SDN 3 LEBAH SEMPAGA KEC. NARMADA KAB. LOMBOK BARAT TAHUN PELAJARAN 2014-2015
Abstract
Pelajaran Penjaskes di SD merupakan bagian dari Kurikulum Tahun 2006 ( KTSP ) .Namun dalam pelaksanaannya para siswa masih kesulitan dalam meningkat prestasinya lebih lagi Penjaskes merupakan mata pelajaran yang lebih banyak praktek, Oleh karena diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil siswa.Tujuan dari penelitian tindakan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan metode Teknik drill dalam pendidikan jasmani dan faktor motivasi berprestasi terhadap hasil belajar siswa bahan kajian lompat jauh di SDN 3 Lebah Sempaga Kec. Narmada dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Dalam penelitian tindakan ini dilakukan dalam 3 siklus dan dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dapat terlihat pada peningkatan hasil tes kemampuan dan ketrampilan siswa selama tiga siklus dan tes akhir, yaitu siklus I 59,67 %, siklus II 69 %, siklus III 75,43 % .Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa penerapan metode teknik drill dalam Pendidikan Jasmani terhadap hasil belajar siswa bahan kajian lompat jauh di SDN 3 Lebah Sempaga Kec. Narmada Kabupaten Lombok Barat dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annarino, Anthony A. 1980. Curriculum Theory and Designed in Physical Edication. St. Lois: The CV. Mosby Company.
Arikunto, Suharsimi. 2000. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Baron, RA. 1992. Psychology (2nd ed). Boston: Allyn & Bacon.
Bigge, Morris L. 1980. Psychological Foundations of Educations. An Introduction to Human Motivation, Development and Learning (3rd ed). New York: Harper & Row, Publisher.
Bucher, Charles A. 1995. Foundations of Physical Education and Sport. St. Louis: CV. Mosby Company.
Eysenck & Wilson. 1975. Know Your Own Personality. London. Penguin Book.
Lambertus. 1995. Hubungan Hasil Belajar dan Tingkat Pendidikan Orang Tua dengan Hasil Belajar Penjaskes Siswa SD Negeri di Kota Administratif Kendari. Tesis Magister Pendidikan, IKIP Surabaya.
Lindgren. 1956. Fondations of Educational Psycology. New Jersey: Prentice-Hall.
Lutan, Rusli. 1988. Belajar Keterampilan Motorik: Pengantar Teori dan Metode. Jakarta: Depdikbud.
Muller, Harald. 2000. Run, Jump, Throw! The Official Guide to Teaching Athletics. IAAF Coaches’ Edication and Certification System. Munchen: IAAF.
Muthohir, Toho Cholik. 1996. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbud.
Nazir, M. 1999. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Nur, Muhammad. 1998. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: IKIP Surabaya.
Poerwadarminta. 1987. Kamus besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Ilmu.
Roestiyah, NK. 1991. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Scmidt, Richard A. 1982. Motor Control and Learning. Champaign: Human Kinetics Publisher.
Singer, Robert N. 1982. The Learning of Motor Skills. New York: McMillan Publishing Company, inc.
Soepartono. 1997. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar dengan Pendekatan Modifikasi. Makalah yang tidak dipublikasikan. Surabaya: IKIP Surabaya.
Sujana, Nana. 2000. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Swain, MOB. 1967. Fundamentals of Physical Education. Sidney: lan Novak Publishing, Co.
Syahri Alhusin. 2001. Aplikasi Statistik Praktis dengan SPSS 9. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i8.54
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats