IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI OLAH RAGA DAN KESEHATAN SISWA KELAS V SD NEGERI 1 KRAMAJAYA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Jumardi Jumardi

Abstract


Tujuan dilakukan Penelitian Tindakan Kelas ini untuk mengetahui apakah penerapanmodel kuantum dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik.Penelitian Tindakan Kelas ini melibatkan siswa kelas V sebagai subjek penelitian yang dilakukan dalam dua siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi/pengamatan, dan refleksi.Tes prestasi belajar merupakan alat yang digunakan dalam mengumpulkan data hasil penelitian yang selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Dari hasil refleksiyang telah disampaikan di Bab IV dan dengan melihat semua data yang telah dipaparkan, dapat disampaikan bahwa pencapaian tujuan penelitian di atas dapat dibuktikan dengan argumentasi sebagai berikut. Dari data awal ada 18 siswa mendapat nilai dibawah KKM dan pada siklus I menurun menjadi 13 siswa dan siklus II hanya 10 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Nilai rata-rata awal 60,29 naik menjadi 65,36 pada siklus I dan pada siklus II naik menjadi 72,36. Dari data awal siswa yang tuntas hanya 40,00%, sedangkan pada siklus I menjadi 56,67%. dan pada siklus II menjadi 90,00%. Paparan di atas membuktikan bahwa model pembelajaran kuantum dapat memberi jawaban sesuai tujuan penelitian ini. Semua ini dapat dicapai karena model pembelajaran kuantum sangat efektif diterapkan dalam proses pembelajaran yang mengakibatkan siswa aktif, antusias dan dapat memahami materi yang diajarkan sehingga prestasi belajar siswa menjadi meningkat

Keywords


Model Pembelajaran Kuantum, Prestasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Abdul. 2002. http://:www.scribd.com/doc/9037208/

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Modern Educators and Lexicographers. 1939. Webster’s New American Detionary. New York: 140 Broadway, Books, Inc.

Purwanto, Ngalim. 1997. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosdakarya.

Riyanto, H. Yatim. 2009. Paradigma Biru Pendidikan. Jakarta: Fajar Interpratama Offset.

Saifudin Sau’d, Udin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Menajemen Penelitian Tindakan Kelas. Penerbit: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.

Syaodih Sukmadinata, Nana. 2007. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosda Karya.

Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Press.

Trianto.2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta: Prestasi Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i8.55

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats