PENGARUH PRODUK WISATA TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG DI TAMANSARI GOA SUNYARAGI

Aji Prasetya Hadi

Abstract


Penelitian ini menganalisis tentang bagaimana pengaruh produk wisata terhadap kepuasan pengunjung di Tamansari Goa Sunyaragi. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti bagaimana produk wisata dan kepuasan pengunjung di Tamansari Goa Sunyaragi serta mengukur tingkat pengaruh keduanya, sehingga dapat menjadi bahan informasi bagi stakeholder atau manajemen pengelola Tamansari Goa Sunyaragi serta pemerintah daerah dan para pelaku usaha pariwisata dan perjalanan dalam upaya untuk meningkatkan kepuasan pengunjung dan juga meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Dalam penelitian ini produk wisata (X) merupakan variabel independent (variabel bebas) yang terdiri dari atraksi, fasilitas, aksesibilitas, image dan harga. Sedangkan untuk variabel dependent (variabel terikat) yaitu kepuasan pengunjung (Y) yang diantaranya kualitas produk, kualitas pelayanan, faktor emosial dan kemudahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif verifikatif dengan menggunakan teknik systematic random sampling, dengan responden sebanyak 100 responden. Teknik analisis data dan uji hipotesis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan alat bantu software komputer SPSS 20.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh produk wisata terhadap kepuasan pengunjung di Tamansari Goa Sunyaragi dinilai cukup tinggi. Aspek yang sangat berpengaruh dari produk wisata yaitu faktor fasilitas aksesibilitas dan image

Keywords


Pemasaran, Produk Wisata & Kepuasan Pengunjung

Full Text:

PDF

References


Al-Ababneh, M. April 2013. Service Quality and its Impact on Tourist Satisfaction. International Journal. Volume 4 no 12, http://journal- archieves31.webs.com/164-177.pdf, April 2017

Bigne, J. E., Sanchez, M. I., & Sanchez, J. (2001). Tourism image, evaluation variables and after purchase behaviour: Inter-relationship. Tourism Management, 22, 607-616. http://web.nchu.edu.tw/pweb/users/arborfish/lesson/9209.pdf April 2017

Chi, C. & Qu, H. 2008. Examining the structural relationships of destination image, tourist satisfaction and destination loyalty: An integrated approach. https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S0261517707001525. April 2017

Crompton, J. L. (1977), A systems model of the tourist's destination selection process with particular reference to the role of image and perceived constraints. College Station, Texas: Texas A

Fandy, Tjiptono,(2011), Pemasaran Jasa, Bayumedia, Malang.

Goodall, B. dan Ashworth, G. (eds).1988. Marketing in the Tourism Industry: The Promotion of Destination Region. International Thomson Business. Press : London

Gronroos C. (1994) “From Marketing Mix to Relationship Marketing: Towards Paradigm Shift in Marketing” Management Decisions Vol. 32 No. 2

Ismayanti. 2010. Pengantar Pariwisata. Jakarta: Grasindo

Jenkins, O. February 1999. Understanding and Measuring Tourist Destination Images. International Journal of Tourism, 1, 1-15 (1999), http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.390.9401&rep= rep1&type=pdf, April 2017

Kotler, P dan K.L. Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Edisi Keduabelas, Jilid 1. PT Indeks. Jakarta.

Lew, A. A. (1987) A framework of tourist attraction research. Annals of tourism Research, 14(4)

Medlik, S, and V.T.C. Middleton. 1973. Product Formulation in Tourism, Tourism and Marketing. AIEST. Berne.

Middleton V.T.C & Hawkins, Rebecca. 1998. Suistanable Tourism: A Marketing Perspective. Butterworth-Heinemann: Oxford

Middleton, V.T.C & Clarke, J. 2001. Marketing in Travel and Tourism 3rd Edition. Oxford: Butterworth – Heinemann

Middleton, V. 2004. Rural Tourism Marketing: The Challenge of New South Africa.

Mieczkowski, Z. 1995. Environmental Issues of Tourism and Recreation. Univ. Press of America Inc. London.

Nowacki, Mareck. (2013). The Determinants of Satisfaction of Tourist Attractions’ Visitors. Poznań: Active

Parasuraman, A., V.A. Zeithamal, and L.L. Berry (1985). “A conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”, Journal of Marketing. Vol.49,

Rajesh, . April 2013. Impact of Tourist Perceptions, Destination Image and Tourist Satisfaction on Destination Loyalty: A Conceptual Model.International Journal. Volume 11 no 3, http://www.pasosonline.org/Publicados/11313special/PS0313_07.pdf, April 2017

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

__________.2013. Metode Penelitian Bisnis: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Swarbrooke, John, 1995, The Development And Management Of Visitors Attractions, Butterworth-Heinemann, Oxford.

Swarbrooke, J. and Horner, S. 2001. Business Travel and Tourism,Butterworth-Heinemann, Oxford.

Tjiptono, Fandy. (2005a). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy. (2005b). Total Quality Service. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. (2005). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Tjiptono, Fandy dan Chandra, Gregorius. (2011). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Andi.

Umar, Husein. (2008). Metode Riset Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Wells, W.D. & Prensky, D., 1996, Consumer Behavior, New York: John Wiley & Sons, Inc.

Yoeti, Oka. A. (1991). Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa

Yoeti, Oka. A. (2005). Perencanaan Strategis Pemasaran Daerah Tujuan Wisata. Jakarta: Pradaya Paramita.

Yoeti, Oka. A. (2008). Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata. Jakarta: Pradaya Paramita.

Zeithaml, Valerie. A dan Bitner, Mary Jo. (2000). Service Marketing : Integrating Costumer Focus Across The Firm 2nd Edition. New York: International Edition McGraw-Hill.

http://www.destinationnsw.com.au/wp-content/uploads/2011/10/Destination-NSW-Annual-Report-2014-2015.pdf




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i11.580

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats