PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATION DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG KE WONDERLAND ADVENTURE WATERPARK ( PT GALUH CITARUM KARAWANG)

Sihabudin Sihabudin

Abstract


Teori Keputusan Berkunjung adalah suatu individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan mempergunakan barang yang ditawarkan serta untuk mendukung  Marketing Public Relation dan Kualitas Pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung Wonderland Adventure Waterpark Karawang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif dan verifikatif, yaitu: mengumpulkan, menyajikan, menganalisis, dan melakukan pengujian hipotesis, serta membuat kesimpulan dan saran. Sampel dikumpulkan dengan menggunakan metode Incidental Sampling dengan jumlah sampel 387 responden dari populasi 11870 orang, diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: Marketing Public Relation  yang telah dilakukakan oleh Wonderland Adventure Waterpark sudah berjalan dengan baik dan memiliki kualitas pelayanan  yang baik, sehingga pengunjung setuju untuk memutuskan berkunjung ke Wonderland Adventure Waterpark, terdapat korelasi yang positif antara Marketing Public Relation dan Kualitas Pelayanan, terdapat pengaruh parsial dan simultan dari Marketing Public Relation dan Kualitas Pelayanan terhadap keputusan berkunjung ke Wonderland Adventure Waterpark

Keywords


Wonderland Adventure Waterpark Karawang, Marketing Public Relation & Kualitas Pelayanan

Full Text:

PDF

References


Alma, Buchari.2011. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Cetakan kesembilan. Bandung: Alfabeta.

Buku Panduan Penulisan Skripsi Mahasiswa S1 Manajemen FEB UNSIKA.2014.Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang

Chrisyanti, Irra.2011. Manajemen Perkantoran.Jakarta : PT Prestasi Pustakarya.

Hasibuan, Malayu.2011.Manajemen Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara

Kotler , Philip dan Gary Amstrong.2006.Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

.2006.Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

dan Kevin Lane Keller.2009.Manajemen Pemasaran Edisi 13.Jilid 1. Jakarta : Erlangga.

. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta : Erlangga.

.2013. Marketing Management. Edisi 14. Peorson Horizon Editions

. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 1. Jakarta: Pt Indeks.

Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta : Salemba Empat

Pardede, Ratlan dan Renhard Manurung. 2014. Analisis Jalur. Jakarta : Rineka Cipta.

Primarni, Amie. 2009. Introduction to Public Relation. Jakarta : Lentera Ilmu Aksara

Riduwan. Dan Sunarto. 2009. Pengantar Statistika. Alfabeta: Bandung

Ratnasari, Ririn Tri dan Aksa. 2011. Manajemen Pemasaran Jasa.Ghalia Indonesia:Bogor

Ruslan , Rosady.2006. Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi. Jakarta : Rajawali Pers

Soemirat, Soleh dan Elvinaro. 2010. Dasar –dasar Publik Relation. Bandung : Remaja Rosdakarya

Sumarwan, Ujang. 2011. Perilaku Konsumen. Edisi ke dua. Bogor : Ghalia Indonesia

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif , kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta

Susetyo, Budi. 2010. Statistika Untuk analisis Data Penelitian . Bandung : Refika Aditama

Tjiptono, Fandy . 2008. Strategi Pemasaran. Edisi III. Yogyakarta : Andi

____________.2014. Pemasaran Jasa.Yogyakarta:Andi

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. 2012. Pemasaran Strategik. Edisi 2. Yogyakarta : Andi

Darmawan , Hendar . 2014. “ Pengaruh Bauran Promosi Pemasaran terhadap Kepuasaan Konsumen pada Kafe Tiam Lima Waktu Karawang.” Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang. Karawang.

Fadilah, Nurul. 2012 . “Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha di dealer arista johar.” Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang. Karawang.

Hotmaida, Friska Jeni. 2012. “pengaruh bauran pemasaran terhadaap keputusan pembelian handhpone blackberry di fakultas ekonomi universitas singaperbangsa.” Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang. Karawang.

Susilawati, Diah . 2014 . “Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Citra Perusahaan serta Dampaknya pada Kepuasanan Pelanggan Diva Family Karaoke karawang.” Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Singaperbangsa Karawang. Karawang.

Anynomous 1. 2014 http://antarnews.com / berita kunjungan mancanegara ke Indonesia. ( Rabu, 18 Maret 2015. Pukul 13.35 )

Anynomous 2. http://kolom.pasific.net.id ( Senin, 30 maret 2015. Pukul 09.07 )

Anynomous 3. http:// hukum.unsrat.ac.id/ uu/uu_9_1990(Rabu, 18 Maret 2015. Pukul 13.20)

Anynomous 4. 2014. http://travel.kompas.com ( Minggu, 4 Januari 2015. Pukul 11.00 )

Badan Pusat Statistika. 2015 http :// Eprints.mdp.ac.id/pdf. (Senin, 16 Maret 2015. Pukul 09.45 )

Ida Bagus Surakusuma. 2014. http://nasionalgeografic.co.id (Senin, 30 maret 2015. Pukul 09.07 )

Warta Ekonomi. 2014. http://wartaekonomi.co.id ( Minggu, 4 Januari 2015. Pukul 11.00 )

Anynomous 5.http://inparametric.com/bhinablog/download/uji_normalitas.pdf ( Rabu, 1 April 2015. Pukul 09.00 )

Anynomous 6. http://smabasalim.com/statistika/metode-successive-interval.html ( Rabu, 1 April 2015. Pukul 09.25 )

Febrika, Ayu.et all.2012.” Analisis Keputusan Dalam Memilih Objek Wisata Taman Rekreasi Alam Mayang Sebagai Tujuan Wisata.”

http://repository.unri.ac.id ( Senin, 10 Mei 2015, pukul 14.35)

Kharitsah , Eliza Nurul. 2011. “ Analisis Pengaruh Marketing Publik Relation dan Sales Promotion terhadap Keputusan Pembelian Pupuk Phoska Bersubsidi PT Petrokimi Gresik.”

http:// repository.widyatama.ac.id.Pdf . ( Senin, 16 Maret 2015. Pukul 08.05 )

Oktaviyani, Kristina.2011. “ Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Lokasi

Terhadap Minat Berkunjung Pada Kebun Binatang Medan.”

http://Download .Portalganda.ac.id.( senin, 10 Mei 2015. Pukul 14.20)

Sulistiono, Ari Budi.2010.” Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, dan Lokasi Terhadap Keputusan Menginap.”

http://eprints.undip.ac.id ( Senin, 10 Mei 2015. Pukul 14.00 )

Widagdo, Herry. 2011.” Analisis Pengaruh Kualitas Layanan dan Promosi Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Komputer pada PT XYZ Palembang.”

http : // Jurnal.Usu.ac.id / Index.php/ Jmim/pdf. ( Senin, 16 Maret 2015.Pukul 09.00)




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i8.619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats