PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN AKTIFITAS SISWA KELAS V BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SDN 4 LEMBUAK, KECAMATAN NARMADA, LOMBOK BARAT

Muliati Muliati

Abstract


Setiap guru selalu berusaha agar dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. Berbagai cara dilakukan, salah satu diantaranya adalah penggunaan strategi mengajar secara tepat, sehingga prestasi belajarnya juga semakin meningkat. Berdasarkan uraian di atas rumusan masalahnya sebagai berikut: "Bagaimana penerapan strategi pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan aktifitas siswa kelas V belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SDN 4 Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Barat?". Adapun harapan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan aktifitas siswa kelas V belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SDN 4 Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Barat. Desain penelitian yang akan dilakukan menggunakan dalam penelitian yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi, refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan hasil penelitian dalam bab terdahulu dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Strategi pembelajaran  snowball throwing   digunakan dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, maka aktifitas belajar siswa kelas V SDN 4 Lembuak, Kecamatan Narmada, Lombok Barat meningkat. Hasil evaluasi menunjukkan kenaikkan tuntas belajar dari 25 siswa (65,79%) pada pra tindakan menjadi 30 siswa (78,95  %) pada siklus I, dan menjadi 33 siswa (86,84%) pada siklus II.  Sedangkan yang belum tuntas belajar mengalami penurunan dari 13 siswa (34,21 %) pada pra tindakan menjadi 8 siswa (21,05 %) pada siklus I, dan menjadi 5 siswa (13,16 %) pada siklus II. Sehingga Hipotesis tindakan yang menyatakan diterima dan penelitian tindak dinyatakan tuntas

Keywords


Strategi Pembelajaran Snowball Throwing, Aktifitas Siswa & Pendidikan Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. 2005. Materi Pelatihan Terintegrasi Pendidikan Kewarganegaraan, Buku 2. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama

Miarsa, Yusufhadi. 2005. Peningkatan Mutu Pendidikan, Jurnal Teknologi Pembelajaran. Malang: IPTPI.

Saiful Rachman. 2016 . Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surabaya: SIC Bekerjasama Dengan Dinas P dan K Provinsi Jawa Timur.

Slameto. 2001. Proses Belajar Mengajar Dalam Sistem Kredit Semester (SKS). Jakarta: Bumi Aksara.

Soetomo. 1993. Dasar-dasar Interaksi Belajar Mengajar. Surabaya: Usaha Nasional.

Mustamin, at.al., Strategi Pembelajaran Jakarta: Gramedia.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i2.696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats