FENOMENA SOSIAL ENDORSEMENT TERHADAP PELUANG BISNIS DAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWI KOTA MEDAN

Wisnu Rayhan Adhitya

Abstract


Perkembangan gaya hidup kini tampaknya semakin terlihat dalam dalam berbagai bidang budaya populer salah satu contohnya adalah Endorsement.  Endorsement ada saat ini pada jejaring sosial yaitu di jejaring sosial Instagram.  Fenomenan ini yang menjadi trend pada kalangan mahasiswi di Indonesia. Instagram mahasiswi sekarang memamerkan produk dari pelaku usaha atau perusahaan tersebut di akun pribadinya, ketika semakin banyak followers maka semakin besar kemungkinan produk itu akan lebih terlihat oleh kalangan luas. Hal yang menarik dalam endorsement ini ialah disaat era globalisasi mahasiswi berlomba-lomba untuk membuat daya tarik yang menawan dan kelihatan berbeda dari pada orang lain dan ini malah menjadi sebuah profesi sambilan untuk para mahasiswi dengan julukan “selebgram”. Tingginya gaya hidup sekarang membuat banyak mahasiswi melakukan hal yang bersifat kekinian dengan tampil eksis disosial media. Sayangnya hal ini tidak hanya menghasilkan manfaat, tetapi juga dapat berdampak negatif bagi aktivitas akademiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap permasalahan yang muncul  dari profesi sambilan para mahasiswi sebagai selebgram, baik dampak positif pada aspek perekonomian dan bisnis individunya maupun dampak negatif  terhadap pendidikan mereka.


Keywords


Endorsement, Peluang Bisnis & Prestasi Akademik

Full Text:

PDF

References


A, Shimp, Terence. 2003. Periklanan dan Promosi, Erlangga, Jakarta

Federico, Bongiorno. 2019. Is the Capgras delusion an endorsement of experience? Mind and Language, DOI: 10.1111/mila.12239. John Wiley & Sons Ltd

Alexander P. Schouten, Loes Janssen & Maegan Verspaget. 2019. Celebrity vs. Influencer endorsements in advertising: the role of identification, credibility, and Product-Endorser fit. International Journal of Advertising, DOI:10.1080/02650487.2019.1634898. Published online: 02 Jul 2019. https://doi.org/10.1080/02650487.2019.1634898.

Audifax., Gaya Hidup. Saifudin, Ed: Adlin, Alfathri., Resistensi Gaya Hidup: Teori dan Realitas. Bandung: Jalasutra, 2006.

Ankasaniscara, Palagan, “Analisis Pengaruh Celebrity Endorsement pada Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus: Peter Says Denim. Tesis Pascasarjana, Fakultas Ekonomi Program Magister Manajemen Universitas Indonesia, Jakarta, 2012.

Belch, George E, Michael A. Belch. 2004. Advertising and promotion: An Integrated. Marketing communication Perspective. Sixth Edition. New York: McGraw.

Fiske, John., Memahami Budaya Populer, Yogyakarta: Jalasutra, 2011.

Malhotra. 2005. Riset Penelitian. Jakarta: Gramedia Putaka Utama.

Miciak, A. R & Shanklin, W. L. 1994. Choosing Selebrity Endorses. Marketing Managemen. Vol.3, 50-59.

Fatih Azka, Dendih Fredi Firdaus, Elisa Kurniadewi, 2018. Kecemasan Sosial dan Ketergantungan Media Sosial pada Mahasiswa. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, Volume 5, Nomor 2, 2018: 201-210.

Royan, Frans M, Marketing Celebrities: Selebriti Dalam Iklan Dan Strategi Selebriti Memasarkan Diri Sendiri, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2005.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan Research & Developement.Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i2.790

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats