ANALISIS FAKTOR-FAKTOR HASIL PRODUKSI YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENDAPATAN PETANI GARAM PADA MASYARAKAT DESA PAUPANDA KECAMATAN WEWARIA KABUPATEN ENDE

Lambertus Langga, Hyronimus Hyronimus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat pendapatan petani garam di Desa Paupanda, dimana variabel bebasnya terdiri dari variabel Modal, Tenaga Kerja, Teknologi. Luas Lahan, dan Harga Jual. Data penelitian ini diperoleh dari hasil tanggapan dengan menggunakan kuesioner kepada responden yang ada di Desa Paupanda dengan populasi oetani garam terbanyak. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu analisis regresl linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial faktor modal tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani garam di Desa Paupanda, sedangkan faktor tenaga kerja, teknologi, luas lahan dan harga jual berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani garam. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa variabel modal, tenaga kerja, teknologi, luas lahan dan harga jual secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap tingkat pendapatan petani garam.


Keywords


Petani Garam, Pendapatan, Produksi, Modal, Tenaga Kerja, Teknologi, Luas Lahan, Harga Jual

Full Text:

PDF

References


Astari, N. N. T., & Setiawina, N. D. (2016). Pengaruh luas lahan, tenaga kerja dan pelatihan melalui produksi sebagai variabel intervening terhadap pendapatan petani asparagus di Desa Pelaga Kecamatan Petang Kabupaten Badung. J. Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 5(7), 2211-2230.

Dewi, N. M. S., & Sutrisna, I. K. (2015). Pengaruh investasi dan ekspor terhadap penyerapan tenaga kerja melalui pertumbuhan ekonomi. E-Journal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 4(6), 621-636.

Firdausa, R. A., & Arianti, F. (2012). Pengaruh Modal Awal, Lama Usaha dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Pedagang Kios di Pasar Bintoro Demak. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.

Ghozali, I. (2011). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM: Spss.

Kosmayanti, & Ermiati, C. (2017). Pengaruh Modal dan Luas Lahan terhadap Pendapatan Petani Sawit di Desa Pangkatan Kecamatan Pangkatan Kabupaten Labuhan Batu Utara. Jurnal PLANS: Penelitian Ilmu Manajemen dan Bisnis, 12(1), 7-12.

Krismiaji, & Anni, A. (2011). Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Pecetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Utami, S. S. (2013). Pengaruh Modal Kerja Terhadap Pendapatan Dengan Lama Usaha Sebagai Variabel Moderasi (Survei Pada Pedagang Pasar Klithikan Notoharjo Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 13(2).

Wijaya, R. A., Firdaus, M., & Ramadhan, A. (2013). Tingkat Kemiskinan dan Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petambak Garam Berdasarkan Status Penguasaan Lahan. Jurnal Sosial Ekonomi Kelautan dan Perikanan, 8(1), 61-74.

Winarsih, Bhaedowi, & Bandi. (2014). Pengaruh Tenaga Kerja, Teknologi, dan Modal dalam Meningkatkan Produksi di Industri Pengolahan Garam Kabupaten Pati. Jurnal Pendidikan Insan Mandiri, 1(1), 88-98.




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i9.963

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats